Meningkatkan Kemampuan Matematika Melalui Permainan Pancing Angka di TK Harapan Bunda Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman

Maniarti, Tri Irna (2011) Meningkatkan Kemampuan Matematika Melalui Permainan Pancing Angka di TK Harapan Bunda Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_TRI_IRMA_MANIARTI_79147_2011.pdf] Text
final_B1_TRI_IRMA_MANIARTI_79147_2011.pdf

Download (724kB)

Abstract

Lemahnya matematika anak atau berhitung pada anak usia dini. Kurangnya pemahaman anak-anak dalam memahani konsep dari segi bentuk angka matematika. Anak bisa berhitung tetapi kebanyakan dari anak tidak mengenal bentuk dari bilangan tersebut, yang mereka ketahui hanya menyebutkanya saja tanpa memahami bentuk dari bilangan yang mereka baca. Tujuan penelitian ini adalah mengambarkan peningkatan kemampuan matematika dalam membilang melalui permainan pancing angka, mengambarkan peningkatan kemampuan matematika anak dalam memberikan konsep bilanagan melalui permainan pancing angka, menggambarkan peningkatan kemampuan matematika dalam membuat urutan bilangan dalam permainan pancing angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Penelitian tindakan ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh dosen atau guru. Subjek penelitian ini adalah murid TK Harapan Bunda Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman adalah Kelompok B1 berjumlah 17 orang terdiri dari 11 lakilaki dan 6 perempuan pada semester II Tahun Ajaran 2010/2011. Dan usia anak berkisar pada 5-6 tahun Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) kemampuan anak dalam membilang, mengenal konsep bilangan dan mengurutkan bilangan didapatkan hasil persentase lebih rendah dari dibandingkan dengan sebelum menggunakan media pancing angka, 2) Kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan dari siklus I –siklus II meningkat melalui permainan pancing angka memahami bentuk bilangan, memahami angka sesuai jumlah benda dengan permainan pancing angka kemapuan matematika anak meningkat, 3) Kemampuan anak dalam mengurutkan bilangan berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa kemampuan anak dalam mengurutkan bilangan dari siklus I dan siklus II selalu meningkat dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat. Saran yang dapat diberikan 1) Diharapkan kepada guru untuk lebih variasi dalam media pembelajaran dan lebih bervariasi sehingga anak tidak bosan dalam belajar sehingga anak lebih bersemangat dalam belajar sehingga kemampuan matematika anak dapat meningkat dengan baik, 2) menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran sehingga kemampuan matematika anak lebih dapat ditingkatkan lagi, 3) kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti lebih mendalam tentang meningkatkan kemampuan matematika anak melalui permainan pancing angka dengan media yang berbeda.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Matematika, Permainan Pancing Angka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:15
Last Modified: 10 Oct 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26736

Actions (login required)

View Item
View Item