Ningsih, Tri Yudiawati (2012) Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Story Reading di Raudhatul Athfal Dharmawanita Persatuan Kementerian Agama Lubuk Buaya Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_TRI YUDIAWATI NINGSIH.pdf [thumbnail of final_B1_TRI YUDIAWATI NINGSIH.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_TRI YUDIAWATI NINGSIH.pdf
Download (445kB)
Abstract
Kemampuan anak dalam kecerdasan emosional di Raudhatul Athfal Dharmawanita Persatuan Kementerian Agama Lubuk Buaya Padang masih rendah dan di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Dari kenyataan yang peneliti lihat di RA tersebut kecerdasan emosional anak pada umumnya belum berkembang. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran kecerdasan emosional, guru kurang memiliki kemampuan dalam menciptakan media pembelajaran yang sesuai dengan minat anak, sehingga di dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung anak mengeluarkan berbagai reaksi emosi yang ada dalam dirinya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu melalui kegiatan story reading. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak sehingga anak mampu mengendalikan dan mengekspresikan emosinya dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyek penelitian anak kelompok BI sebanyak 14 orang yaitu laki-laki sebanyak 5 orang dan perempuan sebanyak 9 orang. Penelitian ini dilaksanakan di Raudhatul Athfal Dharmawanita Persatuan Kementerian Agama Lubuk Buaya Padang pada tahun ajaran 2011/2012, yang terdiri dari dua siklus yaitu tiga pertemuan pada siklus I dan tiga pertemuan pada siklus II. Penelitian ini menggunakan media story reading sebagai objek penelitiannya. Instrumentasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi, yang dianalisis dengan prosentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan siklus I tingkat pencapaian kecerdasan emosional anak masih rendah dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan, sehingga penelitian perlu dilanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan kecerdasan emosional anak yang ditunjukkan dengan 5 aspek yaitu: Sabar menunggu giliran, mengendalikan emosi dengan cara yang wajar, senang ketika mendapatkan sesuatu, antusias ketika melakukan kegiatan yang diinginkan, dapat bekerja sama dengan teman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional Anak, Melalui Story Reading |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:15 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26733 |