Sari, Prima Mutia (2011) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berkarakter untuk Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_PRIMA_MUTIA_SARI_84007_137_2011.pdf [thumbnail of final_B1_PRIMA_MUTIA_SARI_84007_137_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_PRIMA_MUTIA_SARI_84007_137_2011.pdf
Download (188kB)
Abstract
Pendidikan karakter merupakan usaha untuk membangun karakter siswa
yang sebaiknya terintegrasi ke dalam setiap rencana dan pelaksanaan
pembelajaran. RPP berkarakter merupakan rencana yang menggambarkan
prosedur pembelajaran yang memuat karakter apa yang dapat ditanamkan melalui
model pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan
RPP berkarakter untuk model pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem
peredaran darah di SMA, melihat validitas dan keterlaksanaan RPP yang
dihasilkan serta respons siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan
model 4-D, yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design),
pengembangan (develop) sedangkan penyebaran (disseminate) tidak dilakukan.
Subjek uji coba RPP adalah siswa SMAN 3 Padang kelas XI IPA7. Data penelitian
ini adalah data primer yang terdiri dari validasi RPP, keterlaksanaan RPP, dan
respons siswa. Data validasi dan keterlaksanaan RPP dianalisis dengan analisis
deskriptif dengan range 1-4, data respons siswa dianalisis dengan hasil berupa
persentase.
Dari penelitian ini dihasilkan RPP berkarakter untuk model pembelajaran
berbasis masalah pada materi sistem peredaran darah. Validitas RPP yang
dihasilkan berkategori baik dengan rata-rata 3,25. Keterlaksanaan berkategori
sangat baik dengan rata-rata nilai 3,55. Respons siswa terhadap RPP yaitu 69,44%
yang berarti siswa merasa senang terhadap model pembelajaran yang digunakan.
61,11% siswa sangat setuju jika guru menegur siswa yang tidak bertanggung
jawab dan bekerja sama dan 72,22% siswa dapat mengikuti dengan mudah
kegiatan pembelajaran. 75% siswa berminat mengikuti pembelajaran pada
pembelajaran berikutnya atau pokok bahasan lain
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:13 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26722 |