Darma, Muloktavia (2014) Pengaruh Penerapan LKS Berbasis Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 2 Sungai Limau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_MULOKTAVIA_DARMA_96913_4145_2016.pdf [thumbnail of B1_05_MULOKTAVIA_DARMA_96913_4145_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_MULOKTAVIA_DARMA_96913_4145_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran Fisika pada hakikatnya menuntut siswa untuk berperan aktif
dan saling berinteraksi dalam proses pembelajaran. Pada kenyataanya ada
beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran Fisika adalah 1) Kurang menariknya proses pembelajaran yang
diajarkan sehingga siswa cepat jenuh dalam belajar. 2) Guru jarang sekali
mengaitkan materi yang dipelajari sekarang dengan materi yang lampau. 3) Bahan
ajar, strategi atau metode pembelajaran yang digunakan guru masih banyak
kekurangan, sehingga kurang menimbulkan motivasi dan keaktifan siswa. LKS
yang digunakan masih memaparkan materi tanpa melibatkan siswa membangun
konsep dan kurang memotivasi siswa. Salah satu alternatif untuk mengatasi
keadaan tersebut adalah dengan menggunakan LKS berbasis model
pembelajaran Advance Organizer. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
pengaruh penerapan LKS berbasis model pembelajaran Advance Organizer
terhadap hasil belajar Fisika siswa SMAN 2 Sungai Limau.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan
rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas X SMAN 2 Sungai Limau yang terdaftar pada Tahun Ajaran
2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling.
terpilih kelas X3 sebagai kelas kontrol dan kelas X4 sebagai kelas eksperimen.
Instrumen penelitian berupa tes akhir untuk hasil belajar ranah kognitif, format
observasi untuk hasil belajar ranah afektif, dan rubrik penskoran untuk hasil
belajar ranah psikomotor. Teknik analisis data menggunakan uji t pada taraf nyata
0,05 untuk ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil penelitian
sebagai berikut: (1) Pada ranah kognitif diperoleh rata-rata kelas eksperimen
83,34 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 79,00, (2) Pada ranah afektif rata-rata
kelas eksperimen 91,25, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 82,66, (3) Pada
ranah psikomotor, didapatkan rata-rata kelas eksperimen 89,78 lebih tinggi
dibandingkan kelas kontrol 82,56 Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
yang berarti antara hasil belajar siswa yang menggunakan LKS berbasis model
pembelajaran Advance Organizer pada taraf nyata 0,05. Perbedaan ini diyakini
adalah akibat pengaruh penerapan LKS berbasis model pembelajaran Advance
Organizer dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Advance Organizer |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:13 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26721 |