Darni, Wetri (2009) Penerapan Teknik Objek Langsung dan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII MTsN Talaok Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_WETRI DARNI.pdf [thumbnail of final_B1_WETRI DARNI.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_WETRI DARNI.pdf
Download (143kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal sebagai berikut : Pertama,
mendeskripsikan teknik objek langsung dalam pembelajarna menulis puisi, Kedua,
mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII1 MTsN Talaok
Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan dari segi diksi, majas dan citraan.
Kerangka teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis
puisi, teknik pembelajaran, teknik indikator keterampilan menulis puisi.
Jenis penelitian ini adalah mixing method dengan metode deskriptif yang
bertujuan untuk membuat gambaran, lukisan secara sistematis, faktual dan akurat
mengenai data. Melalui metode ini peneliti dapat mengetahui teknik objek langsung
dalam pembelajaran menulis puisi dan kemampuan menulis puisi. Sampel penelitian
ini berjumlah 41 orang siswa yang diambil berdasarkan jumlah siswa yang ada di
kelas VIII1.
Data diperoleh dengan dua cara yaitu sebagai berikut Pertama, data tentang
teknik objek langsung dalam pembelajaran menulis puisi diperoleh dengan cara
melakukan pengamatan/observasi dan angket. Data diolah secara verbal mulai dari
awal sampai akhir pembelajaran. Kedua, data tentang menulis puisi diperoleh melalui
tes yang diberikan kepada siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkahlangkah
sebagai berikut : (1) pengabsahan data, (2) memberi kode terhadap data, (3)
memberi skor, (4) mengubah skor mentah menjadi nilai, (5) mengkualifikasi nilai
dengan skala 10, (6) mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis puisi siswa, (7)
membahas dan menyimpulkan.
Berdasarkan hasil deskripsi data, analisis data dan pembahasan dapat
disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, secara umum tanggapan siswa
terhadap objek langsung tegolong baik. Kedua, secara umum kemampuan menulis
puisi siswa kelas VIII1 MTsN Talaok Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan
lebih dari cukup. Ketiga, berdasarkan deskripsi data, analisis data, dan pembahasan
juga dapat disimpulkan kemampuan menulis puisi siswa VIII1 MTsN Talaok
Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan per indikator yaitu indikator
penggunaan diksi berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata
73,17%, indikator penggunaan majas berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan
nilai rata-rata 70,73%, indikator penggunaan citraan berada pada kualifikasi baik
dengan nilai rata-rata 75,61%.
Relevan dengan simpulan penelitian direkomendasikan dua hal sebagai
berikut. Pertama, penerapan teknik objek langsung hendaknya digunakan dengan
baik. Kedua, frekuensi latihan menulis puisi perlu ditingkatkan dan
ditumbuhkembangkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:09 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26710 |