Gusnefa, Sri (2011) Penerapan Pembelajaran Aktif Everyone Is A Teacher Here pada Pembelajaran Matematika di Kelas XI IA SMA 1 Sungayang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_SRI GUSNEFA-77406-2011.pdf
Download (366kB)
Abstract
Penelitian berawal dari kenyataan di sekolah bahwa siswa memiliki rasa takut yang berlebihan karena menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit dan bahasa yang rumit. Siswa merasa kurang percaya diri untuk bertanya ataupun mengeluarkan pendapatnya sendiri. Disamping itu siswa juga memiliki aktivitas yang rendah dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar. Salah satunya adalah dengan pembelajaran Active Learning tipe Everyone Is A Teacher Here. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dampak pelaksanaan model pembelajaran Active Learning tipe Everyone Is A Teacher Here terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Active Learning tipe Everyone Is A Teacher Here . Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA SMA 1 Sungayang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kedua kelas tersebut yaitu kelas XI IA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Aktivitas belajar diamati selama proses pembelajaran dilakukan di kelas eksperimen. Sedangkan tes hasil belajar dilakukan pada akhir pembelajaran mengenai Lingkaran. Tes hasil belajar diberikan kepada kedua kelas sampel dengan soal yang sama. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 75, 08, sedangkan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol adalah 68, 52. Persentase ketuntasan untuk kelas eksperimen adalah sebesar 75% dan untuk kelas kontrol adalah sebesar 52, 17% dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMA 1 Sungayang adalah 70. Hasil pengamatan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Active Learning tipe Everyone Is A Teacher Here.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Active Learning, Everyone Is A Teacher Here, hasil belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Faldo Aldiasep |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:09 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 03:09 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26708 |
