Rivano, Muhammad Yogi (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Brosur Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII pada Materi Cahaya dan Alat-alat Optik di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_MUHAMMAD_YOGI_RIVANO_1202930_516_2018.pdf [thumbnail of B1_05_MUHAMMAD_YOGI_RIVANO_1202930_516_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_MUHAMMAD_YOGI_RIVANO_1202930_516_2018.pdf
Download (3MB)
Abstract
Ada beberapa hal yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik.
Pertama, peserta didik kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Kedua,
ketidaksanggupan pendidik dalam mengakomodir semua kebutuhan peserta didik.
Dan yang ketiga, peserta didik kurang tertarik membaca materi yang berhubungan
dengan IPA Fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan brosur terhadap
hasil belajar IPA fisika siswa pada materi cahaya dan alat-alat optik di SMP
Pembangunan Laboratorium UNP.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan
randomized control group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP tahun
ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik
cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa tes akhir untuk mengukur
aspek pengetahuan, dan lembar penilaian unjuk kerja untuk mengukur aspek
keterampilan. Data penelitian dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata. Uji
kesamaan dua rata-rata dilakukan untuk nilai hasil belajar masing-masing aspek
pengetahuan dan keterampilan
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar fisika pada kedua kelas
sampel 85,18 dan 78,28 untuk aspek pengetahuan dan 85,46 dan 80,56 untuk
aspek keterampilan. Dari uji t, diperoleh t>ttabel sehingga hipotesis nol ditolak dan
hipotesis alternatif diterima untuk aspek pengetahuan, sedangkan untuk aspek
keterampilan dari uji t, diperoleh t>ttabel sehingga hipotesis nol ditolak dan
hipotesis ealternatif diterima. Kemudian untuk aspek sikap, dari hasil deskripsi
data didapatkan terdapat pengaruh yang berarti terhadap model pembelajaran yang
digunakan. Dengan kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan
bahwa terdapat perbedaan yang berarti penerapan model pembelajaran inkuiri
terbimbing menggunakan brosur terhadap hasil belajar IPA fisika siswa pada
materi cahaya dan alat-alat optic di SMP Pembangunan Laboratorium UNP.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:09 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26706 |