Dwi Putri, Meilansari (2011) Keterampilan Belajar Siswa di Sekolah yang Menerapkan Sistem Full Day School: Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MEILANSARI_DWI_PUTRI_72359_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MEILANSARI_DWI_PUTRI_72359_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MEILANSARI_DWI_PUTRI_72359_2011.pdf
Download (259kB)
Abstract
Keberhasilan siswa dalam belajar, salah satunya ditentukan oleh faktor
keterampilan belajar. Keterampilan belajar adalah kecakapan-kecakapan yang
harus dikuasai siswa untuk dapat berhasil dalam mengikuti kegiatan belajar
mengajar, seperti keterampilan mengatur waktu belajar, keterampilan mengikuti
pelajaran di kelas dan keterampilan ketahanan dalam belajar. SMP Negeri 2
Sawahlunto merupakan sekolah yang menerapkan sistem full day school, di mana
kegiatan belajar dilaksanakan sehari penuh di sekolah. Masalah yang ditemukan di
SMP Negeri 2 Sawahlunto yaitu ada gejala bahwa siswa belum terampil dalam
belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana keterampilan
siswa full day school dalam belajar, yaitu keterampilan dalam mengatur waktu
belajar, keterampilan mengikuti pelajaran di kelas dan keterampilan ketahanan
dalam belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan
mendeskripsikan secara sitematis mengenai keterampilan belajar yang dimiliki
siswa SMP Negeri 2 Sawahlunto. Populasi penelitian ini adalah 225 orang siswa
kelas VII SMP Negeri 2 Sawahlunto. Pengambilan sampel menggunakan teknik
proportional stratified random sampling. Sampel penelitian adalah 72 orang siswa
kelas VII SMP Negeri 2 Sawahlunto. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
angket.
Temuan penelitian menunjukkan secara umum bahwa keterampilan belajar
siswa SMP Negeri 2 Sawahlunto, yaitu termasuk dalam kategori cukup. Dalam
hal ini siswa SMP Negeri 2 Sawahlunto belum memiliki keterampilan belajar
yang baik. Secara khusus dapat diuraikan, yaitu pada sub variabel keterampilan
mengatur waktu belajar termasuk dalam kategori cukup, sub variabel
keterampilan mengikuti pelajaran di kelas termasuk dalam kategori baik dan sub
variabel keterampilan ketahanan dalam belajar termasuk dalam kategori baik.
Berdasarkan hasil temuan disarankan guru pembimbing untuk dapat terus
meningkatkan dan mengembangkan keterampilan belajar melalui layanan
informasi, bimbingan kelompok dan penguasaan konten sebagai upaya
meningkatkan keterampilan siswa dalam belajar. Selain itu kepada guru mata
pelajaran dan juga kepala sekolah agar dapat mengadakan kegiatan yang bisa
membantu siswa untuk lebih meningkatkan keterampilan belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:08 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26704 |