Sari, Nofita (2014) The Effect of Using the Think-Talk-Write Strategy in Teaching Writing An Analytical Exposition Text toward Grade XI Students’ Writing Achievement at SMA N 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NOFITA_SARI_12219_1584_2014.pdf [thumbnail of final_B1_NOFITA_SARI_12219_1584_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NOFITA_SARI_12219_1584_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang bertujuan untukmengetahui apakah penggunaan strategi Think-Talk-Write dalam pengajaranmenulis analytical exposition text memberikan dampak yang signifikan terhadapkemampuan menulis siswa kelas XI SMA N 10 Padang. Penelitian inidilaksanakan di SMA N 10 Padang pada semester ganjil tahun pelajaran2013/2014. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dan desain penelitianadalah posttest-only design karena penelitian ini hanya melihat apakah adapengaruh perlakuan pada kelas eksperimen terhadap hasil menulis siswadibandingkan dengan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswakelas XI sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Kelaseksperimen ialah kelas XI IPS 2 dan kelas kontrol ialah kelas XI IPS 1 yangsama-sama berjumlah 24 orang siswa. Kedua kelas diberikan tes akhir berbentukesai dengan topik dan waktu yang sama. Hasilnya dijadikan sebagai data yangakan digunakan untuk melihat perbandingan hasil kedua kelompok.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dihasilkan kelaseksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 71.33 : 66.59. Selain itu,berdasarkan analisa statistik (uji t) yang menggunakan software MINITAB, makadiperoleh nilai P (0.026) lebih kecil daripada nilai alpha (0.05). Seterusnya,nilai t (2.33) yang didapat lebih besar daripada nilai t-table (1.690). Hasil tersebutmenyatakan bahwa terdapat perbedaan nilai yang signifikan pada keduakelompok. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan strategipembelajaran Think-Talk-Write memberikan pengaruh yang signifikan terhadaphasil tulisan siswa dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TEACHING WRITING, THINK-TALK-WRITE |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:06 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26695 |