Sufla, Muhammad (2018) Kontribusi Motivasi Belajar dan Pelayanan Pustaka Sekolah Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Electrical Fundamental Siswa Kelas X Jurusan Electrical Avionics SPN Ketaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_MUHAMMAD_SUFLA_1206231_4948_2018.pdf
Download (666kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masalah yang belum maksimalnya hasil
belajar mata Pelajaran Electrical Fundamental pada semester genap tahun ajaran
2015/2016, dimana 31,43% mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan
Minimum (KKM). Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Tujuan
penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar kontribusi motivasi belajar dan
pelayanan pustaka sekolah secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap
hasil belajar. Populasi penelitian ini berjumlah 70 orang dan sampel berjumlah 42
orang siswa kelas X EA di SPN Ketaping. Teknik pengambilan sampel dilakukan
secara acak (Simple Random Sampling). Data mengenai hasil belajar siswa
diperoleh dari guru mata Pelajaran Electrical Fundamental. Sedangkan data
motivasi belajar dan pelayanan pustaka sekolah dikumpulkan melalui angket yang
disebar kepada siswa dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas
dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar
dan pelayanan pustaka sekolah secara bersama-sama berkontribusi secara
signifikan terhadap hasil belajar siswa SPN Ketaping sebesar 45,6%, (2) motivasi
belajar berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SPN Ketaping
sebesar 26,01%, (3) pelayanan pustaka sekolah berkontribusi secara signifikan
terhadap hasil belajar siswa SPN Ketaping sebesar 18,84%. Jadi dapat
disimpulkan bahwa Motivasi belajar dan Pelayanan Pustaka Sekolah
Berkontribusi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SPN Ketaping, semakin tinggi
motivasi belajar dan semakin meningkat pelayanan pustaka sekolah, maka
semakin tinggi hasil belajar.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
| Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:06 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 03:06 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26692 |
