Yetti, Sofni (2011) Penggunaan Pendekatan Cooperative Learning Model Tari Bambu Dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 06 Kubang Kec. Guguak Kab. Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SOFNI_YETTI_50518_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SOFNI_YETTI_50518_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SOFNI_YETTI_50518_2011.pdf
Download (330kB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 06 Kubang Kec. Guguak Kab. Lima Puluh Kota belum menggunakan pendekatan Cooperative Learning model tari bambu. Berdasarkan pengalaman peneliti selama ini, guru dalam proses pembelajaran kurang menggunakan pendekatan yang bervariasi, pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan bersifat konvensional yang mengakibatkan hasil belajar siswa tidak sesuai dengan harapan. Melihat hal tersebut maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS melalui model tari bambu di kelas V SD Negeri 06 Kubang Kec. Guguak Kab. Lima Puluh Kota, sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: bentuk rancangan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan hasil pembelajaran IPS melalui model tari bambu yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 06 Kubang Kec. Guguak Kab. Lima Puluh Kota. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Rancangan penelitian ini meliputi 1) Perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan observer. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, tes awal dan tes akhir pembelajaran. Hasil penelitian siklus I pada tes akhir nilai rata - rata siswa 6,8 (67 %) sedangkan pada tes akhir pada siklus II rata - rata siswa meningkat menjadi 7,9 (91, 7%). Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model tari bambu dalam pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 06 Kubang Kec. Guguak Kab. Lima Puluh Kota dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan harapan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kelas V SD Negeri 06 Kubang Kec. Guguak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 01:14 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 01:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26683 |