Tamara, Tomi (2011) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Co-Op Co-Op Terhadap Hasil Belajar Siswa pada MataPelajaran TI&K Di Kelas VII SMP Negeri 18 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_TOMI_TAMARA_78999_1075_2011.pdf
Download (244kB)
Abstract
Berdasarkan observasi yang penulis lakukan pada proses pembelajaran TI&K di kelas VII SMP Negeri 18 Padang ditemukan bahwa pembelajaran TI&K masih berorientasi pada guru tidak pada siswa. Guru hanya menggunakan metode ceramah dalam mengajarkan pelajaran di kelas tanpa menggunakan media dan alat bantu. Ini menyebabkan siswa kurang aktif, hasil belajar rendah, siswa mengobrol dengan teman sebangkunya dan mengerjakan hal-hal lain yang tidak ada hubungan dengan materi yang diajarkan. Melihat gejala tersebut maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah penggunaan model Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di kelas VII SMP Negeri 18 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasy eksperimen, untuk melihat pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 18 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011. Teknik penentuan sampel adalah purposive sampling yaitu kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan VII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, dan alat pengumpul data yaitu lembaran tes. Analisis data menggunakan t-test setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data tersebut. Dari hasil analisis data terlihat bahwa kelas yang menggunakan model Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op memiliki rata-rata nilai 77,95 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 67,31. Dari perhitungan t-tes diperoleh t 5,911 sedangkan t tabel 2,000 dengan kata lain t hitung lebih besar dari t (5,911>2,000). Berarti hipotesis awal H 0: tabel hitung Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K kelas VII SMP Negeri 18 Padang ditolak. Dan hipotesis satu H 1: Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K kelas VII SMP Negeri 18 Padang diterima.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Co-Op Co-Op, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 01:12 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 01:12 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26673 |
