Safrianto, Safrianto (2011) Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Berbasis Elektronic Learning (e-Learning) untuk SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_SAFRIANTO-84019-2011.pdf
Download (913kB)
Abstract
Dunia pendidikan harus dapat memanfaatkan produk teknologi informasi 
sebagai salah satu sarana dalam proses pembelajaran. Besarnya jumlah pengguna 
internet dari kalangan siswa SMA menuntut guru untuk mampu memanfaatkan 
semua resources yang ada di internet. Salah satunya berupa pemanfaatan aplikasi 
LMS MOODLE menjadi suatu media pembelajaran berbasis electronic learning                
(e-learning) yang terintegrasi ke internet. Pembelajaran yang dibatasi waktu di 
sekolah dapat diatasi dengan media berbasis e-learning yang dapat diakses dengan 
atau tanpa guru, kapanpun dan dimanapun Salah satu materi dalam pembelajaran 
biologi adalah sistem ekskresi yang sebagian besar menekankan pada konsep. 
Kendala alokasi waktu adalah masalah klasik yang sering dihadapi. Siswa 
membutuhkan waktu yang lebih untuk mengulang kembali materi untuk memahami 
konsep. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian dengan tujuan 
menghasilkan media e-learning yang valid dan praktis.  
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan 
model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate, namun dalam penelitian ini 
tahap disseminate tidak dilakukan. Tahap define terdiri dari analisis materi, analisis 
siswa, dan analisis media e-learning. Tahap design dilakukan perancangan                         
e-learning. Tahap develop dilakukan melalui uji validitas oleh validator dan uji 
praktikalitas pada guru dan siswa SMA kelas XI IPA dari SMA N 3 Padang. Data 
yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa hasil angket uji validitas dan 
praktikalitas guru dan siswa terhadap e-learning yang dihasilkan. Data ini dianalisis 
dengan analisis deskriptif. 
Hasil uji validitas oleh validator menunjukkan e-learning yang dihasilkan 
memiliki nilai validitas 91% dari aspek tujuan dan materi pembelajaran, dan aspek 
konstruksi/keadaan bernilai 89%. Hasil validasi diinterpretasikan dengan kriteria 
valid revisi ringan. Hasil uji praktikalitas oleh guru memiliki nilai 85% dan siswa 
sebesar 87%. Data tersebut dapat diinterpretasikan bahwa e-learning memiliki 
kriteria sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-learning yang dihasilkan 
memiliki kriteria valid revisi ringan dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses 
pembelajaran biologi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology | 
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 01:10 | 
| Last Modified: | 10 Oct 2025 01:10 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26660 | 
         