Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Berbasis Elektronic Learning (e-Learning) untuk SMA

Safrianto, Safrianto (2011) Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Berbasis Elektronic Learning (e-Learning) untuk SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SAFRIANTO-84019-2011.pdf] Text
final_B1_SAFRIANTO-84019-2011.pdf

Download (913kB)

Abstract

Dunia pendidikan harus dapat memanfaatkan produk teknologi informasi
sebagai salah satu sarana dalam proses pembelajaran. Besarnya jumlah pengguna
internet dari kalangan siswa SMA menuntut guru untuk mampu memanfaatkan
semua resources yang ada di internet. Salah satunya berupa pemanfaatan aplikasi
LMS MOODLE menjadi suatu media pembelajaran berbasis electronic learning
(e-learning) yang terintegrasi ke internet. Pembelajaran yang dibatasi waktu di
sekolah dapat diatasi dengan media berbasis e-learning yang dapat diakses dengan
atau tanpa guru, kapanpun dan dimanapun Salah satu materi dalam pembelajaran
biologi adalah sistem ekskresi yang sebagian besar menekankan pada konsep.
Kendala alokasi waktu adalah masalah klasik yang sering dihadapi. Siswa
membutuhkan waktu yang lebih untuk mengulang kembali materi untuk memahami
konsep. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian dengan tujuan
menghasilkan media e-learning yang valid dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan
model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate, namun dalam penelitian ini
tahap disseminate tidak dilakukan. Tahap define terdiri dari analisis materi, analisis
siswa, dan analisis media e-learning. Tahap design dilakukan perancangan
e-learning. Tahap develop dilakukan melalui uji validitas oleh validator dan uji
praktikalitas pada guru dan siswa SMA kelas XI IPA dari SMA N 3 Padang. Data
yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa hasil angket uji validitas dan
praktikalitas guru dan siswa terhadap e-learning yang dihasilkan. Data ini dianalisis
dengan analisis deskriptif.
Hasil uji validitas oleh validator menunjukkan e-learning yang dihasilkan
memiliki nilai validitas 91% dari aspek tujuan dan materi pembelajaran, dan aspek
konstruksi/keadaan bernilai 89%. Hasil validasi diinterpretasikan dengan kriteria
valid revisi ringan. Hasil uji praktikalitas oleh guru memiliki nilai 85% dan siswa
sebesar 87%. Data tersebut dapat diinterpretasikan bahwa e-learning memiliki
kriteria sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-learning yang dihasilkan
memiliki kriteria valid revisi ringan dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses
pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 10 Oct 2025 01:10
Last Modified: 10 Oct 2025 01:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26660

Actions (login required)

View Item
View Item