Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa yang Diberi Kuis di Akhir Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dengan Bowling Campus di Kelas X SMA Negeri 10 Padang.

Elviana, Titi (2012) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa yang Diberi Kuis di Akhir Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dengan Bowling Campus di Kelas X SMA Negeri 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_TITI ELVIANA_01862.pdf] Text
final_B1_TITI ELVIANA_01862.pdf

Download (969kB)

Abstract

Kelemahan yang ditemukan dalam pembelajaran biologi di SMAN 10 Padang diantaranya metode pembelajaran yang digunakan guru belum bervariasi, aktivitas siswa dalam pembelajaran masih rendah, siswa mengalami kejenuhan dalam belajar biologi dan kesulitan siswa dalam memahami bahasa soal ujian karena berbahasa Inggris. Akibatnya, hasil belajar siswa pada ranah kognitif belum memuaskan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelemahan tersebut adalah dengan pemberian kuis di akhir pembelajaran aktif, seperti tipe index card match dan bowling campus. Namun belum diketahui secara pasti perbedaan hasil belajar antara kedua tipe pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diberi kuis di akhir pembelajaran aktif tipe index card match dengan bowling campus di Kelas X SMAN 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan the static group comparison design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMAN 10 Padang yang terdaftar pada Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Didapatkan Kelas X.3 sebagai kelas eksperimen I dan Kelas X.1 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 34 buah yang telah diujicobakan. Teknik analisis data menggunakan uji t'. Dari hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen I sebesar 81,44 dan kelas eksperimen II sebesar 80,24. Berdasarkan uji t' yang digunakan pada taraf nyata (α = 0,05) didapatkan harga t' 0,7 dan harga nKt' 1,69 yang berarti t' ≤ nKt'. Dengan demikian, tidak terdapat perbedaan secara nyata hasil belajar pada taraf kepercayaan 95%. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar biologi siswa yang diberi kuis di akhir pembelajaran aktif tipe index card match tidak berbeda secara nyata dengan yang diberi kuis di akhir pembelajaran aktif tipe bowling campus di Kelas X SMAN 10 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Biologi Siswa yang Diberi Kuis di Akhir Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dengan Bowling Campus
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 10 Oct 2025 01:10
Last Modified: 10 Oct 2025 01:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26659

Actions (login required)

View Item
View Item