Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Merancang Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence untuk Mendukung Pembelajaran Berdiferensiasi

Al Kadri, Hanif and Ermita, Ermita and Achyar, Novriyanti and Widiawati, Widiawati (2024) Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Merancang Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence untuk Mendukung Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurbnal Solma, 13 (3). pp. 2557-2565. ISSN 2614-1531

[thumbnail of Noviriyanti_Achyar_Hanif Alkadri & NVYT 2024-2025.pdf] Text
Noviriyanti_Achyar_Hanif Alkadri & NVYT 2024-2025.pdf

Download (518kB)

Abstract

Teknologi artificial intelligence menawarkan potensi yang signifikan dalam mempengaruhi peran dan tugas para guru. Dengan memanfaatkannya, guru-guru dapat merancang pembelajaran yang menarik dan menyajikan pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang media pembelajaran berbasis artificial intelligence untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Metode: User requirement yang diikuti oleh 15 guru di SMP Negeri se-Pariaman. Hasil: adanya peningkatan kemampuan peserta sebelum pelatihan dan setelah pelatihan dari 78,57(Cukup) menjadi 90,95 (Sangat Baik). Evaluasi terhadap pelaksanaan worksohp diperoleh hasil 3,66 (dalam skala 1-4), dengan persentase sebesar 91,46% (sangat baik). Evaluasi terhadap narasumber/instruktur berada pada capaian 3,73 (skala 1–4) (93,33%). Peserta terlihat sangat focus, aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Kesimpulan: Peserta pelatihan telah memahami dan memiliki keterampilan praktis yang dibutuhkan oleh untuk menerapkan AI dalam merancang media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Artificial Intelligence
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 09 Oct 2025 03:17
Last Modified: 09 Oct 2025 03:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26650

Actions (login required)

View Item
View Item