Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 05 Limbanang Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota

Febriyanti, Rini (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 05 Limbanang Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RINI FEBRIYANTI_83242_2012.pdf] Text
final_B1_RINI FEBRIYANTI_83242_2012.pdf

Download (398kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan peneliti di SD Negeri 05 Limbanang Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota, ditemukan fakta bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep IPS. Hal ini disebabkan
guru masih dominan menggunakan metode ceramah atau komunikasi satu arah dan menganggap pelajaran IPS adalah hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode problem solving.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus I sebanyak dua kali pertemuan dan siklus II sebanyak dua kali pertemuan dengan empat tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik observasi dan tes/evaluasi.
Hasil penilaian penelitian siklus I pada tahap perencanaan menunjukkan ketercapain yang diperoleh siswa 74,5%. Kemudian pada tahap pelaksanaan ketercapaian yang diperoleh siswa 77,5%. Sedangkan pada tahap hasil belajar menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa 67%. Penelitian dilanjutkan pada
siklus II. Pada siklus II ketercapaian yang diperoleh siswa pada tahap perencanaan menunjukkan ketercapain yang diperoleh siswa 85%. Kemudian pada tahap pelaksanaan ketercapaian yang diperoleh siswa 87,5%. Sedangkan pada tahap hasil belajar menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa 83%. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, terlihat adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan ini metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 10 Oct 2025 01:02
Last Modified: 10 Oct 2025 01:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26647

Actions (login required)

View Item
View Item