Achyar, Novriyanti and Sarianti, Rini and Novriyanti, Ernie (2025) Pengembangan Model Ambidexterity School untuk Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Interpersonal Terhadap Budaya Organisasi. Project Report. FIP UNP, Padang.
![Novriyanti_Acyar_LAPORAN_Penelitian _FIX th 2025.pdf [thumbnail of Novriyanti_Acyar_LAPORAN_Penelitian _FIX th 2025.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Novriyanti_Acyar_LAPORAN_Penelitian _FIX th 2025.pdf
Download (989kB)
Abstract
rPengelolaan keberagaman budaya atau diversity management, budaya organisasi di lingkungan sekolah dapat beragam karena bervariasinya sumber daya manusia dapat dilihat dari gender, umur, pendidikan, ras, suku, pengalaman kerja yang memainkan peranan penting dalam menentukan arah dan kualitas pencapaian tujuan pendidikan. Namun, masih banyak sekolah yang belum mampu membentuk budaya organisasi yang kuat dan adaptif, salah satunya disebabkan oleh lemahnya efektivitas komunikasi interpersonal bagi warga sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji model Ambidexterity School sebagai pendekatan strategis dalam meningkatkan efektivitas komunikasi interpersonal demi memperkuat budaya organisasi. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis Penelitian dan Pengembangan (R&D) menggunakan design FD, data dikumpulkan dari populasi 113 guru di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Kota Pariaman, Sumatera Barat. Tahun I dilaksanakan dengan tujuan untuk tahapan Define (Pendefinisian) dan Design (Perancangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas komunikasi interpersonal di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Pariaman masih rendah, ditandai dengan keterlambatan informasi, miskomunikasi, kurangnya interaksi tatap muka, perbedaan generasi, serta pemanfaatan teknologi yang belum optimal. Kondisi ini berdampak langsung pada lemahnya budaya organisasi sekolah. Model Ambidexterity School yang telah dirancang bertujuan menjawab persoalan tersebut dengan mengintegrasikan eksplorasi inovasi dan pemanfaatan praktik komunikasi yang sudah ada. Melalui lima fase yang saling melengkapi, model ini tidak hanya menawarkan solusi praktis untuk meningkatkan efektivitas komunikasi interpersonal dan memperkuat budaya organisasi, tetapi juga memberikan refleksi filosofis mengenai pentingnya keseimbangan antara inovasi dan konsistensi dalam menghadapi dinamika Pendidikan, namun model masih perlu diujicoba validitas, praktikalitas dan efektivitasnya dalam penelitian Tahun II. Laporan kemajuan ini masih perlu dilanjutkan dengan tahapan akhir yakni penyusunan laporan 100% setelah penelitian dilengkapi dengan luaran Kekayaan Intelektual berupa HAKI dan Paten Sederhana.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Ambidexterity School, Budaya Organisasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 03:02 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 03:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26643 |