Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas IV SD Negeri 01 Kototinggi Kabupaten Lima Puluh Kota

Apriana, Tisa (2011) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas IV SD Negeri 01 Kototinggi Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_TISA_AFRIANA-09436-2011.pdf] Text
final_B1_TISA_AFRIANA-09436-2011.pdf

Download (396kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 01 Kototinggi, peneliti sebagai guru kelas IV dalam mengajarkan matematika masih bersifat konvesional sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran sehingga nilai siswa banyak yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika khususnya pada penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan model Kooperatif Learning tipe STAD. Langkah-langkah model Kooperatif Learning tipe STAD, yaitu : (1) Penyajian materi pembelajaran (2) Membagi siswa kedalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 orang tiap kelompok yang berbeda kemampuannya. (3) Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk membahas LKS. (4) Mempresentasikan hasil kerja kelompok (5) Siswa yang mengerjakan tes individu. (6) Menentukan hasil tes individu dan memberikan penghargaan kelompok. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif Learning tipe STAD pada penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) dan peenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pemelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Kototinggi yang berjumlah 12 orang. Hasil penelitian siklus I pertemian 1 nilai rata-rata tes siswa adalah 60, siklus I pertemuan 2 nilai rata-rata tes siswa adalah 75 dan sedangkan nilai ratarata tes siswa pada siklus II meningkat menjadi 90. berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulakan bahwa dengan menggunakan model Kooperatif Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 10 Oct 2025 01:01
Last Modified: 10 Oct 2025 01:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26642

Actions (login required)

View Item
View Item