Sari, Tisa Mandala (2011) Penerapan Strategi Genius Learning Pada Pembelajaran Stoikiometri di SMAN 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_TISA MANDALA SARI-86293-2011.pdf [thumbnail of final_B1_TISA MANDALA SARI-86293-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_TISA MANDALA SARI-86293-2011.pdf
Download (434kB)
Abstract
Keberhasilan penerapan ilmu pengetahuan ditentukan oleh keberhasilan pelaksanaan kegiatan pembelajaran, yakni keterpaduan antara kegiatan pendidik dengan kegiatan peserta didik. Oleh karena itu, pendidik harus bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas peserta didik adalah strategi Genius Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Genius Learning pada pokok bahasan Stoikiometri kelas X SMAN 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 13 Padang tahun ajaran 2010/2011 dan sampel penelitian yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dilihat dari skor tes akhir. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas eksperimen yang menerapkan Genius Learning memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 73,41 dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional sebesar 62,91. Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) sebesar 65 diperoleh t sebesar 3,35 sedangkan t tabel sebesar 2,00. Hal ini berarti t hitung > t , maka hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan strategi Genius Learning pada pokok bahasan stoikiometri.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Genius Learning, Pembelajaran Stoikiometri |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 01:01 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 01:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26641 |