Nismawati, Nismawati (2011) Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung bagi Anak Tunagrahita Ringan melalui Metode Drill: Penelitian Tindakan Kelas D III SLB. YPPLB Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NISMAWATI_72017_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NISMAWATI_72017_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NISMAWATI_72017_2011.pdf
Download (495kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala yang dihadapi oleh gurusiswa dalam pembelajaran bahasa, terutama dalam menulis tegak bersambungsehingga anak mengalami hambatan dalam menulis tegak bersambung tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan pembelajaran dalam upayameningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung melalui metode Drill.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni; PenilitianTindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaborator dengan teman sejawat.Peneliti bertindak sebagai pelaksana kegiatan sedangkan teman sejawat bertindaksebagai pengamat. Subjek penelitian guru dan dua siswa Tunagrahita RinganKelas D III SLB YPPLB Padang.Penelitian yang dilaksanakan pada siklus I dilaksanakan tiga kalipertemuan dan siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian padasiklus I menunjukkan kemampuan menulis tegak bersambung inisial D mendapatskor perolehan 57,5% sedangkan inisial HL mendapat skor perolehan 50%. Jadipada siklus I ini anak belum bisa menulis tegak bersambung dengan baik dansempurna, dan dilanjutkan pada siklus II menunjukkan kemampuan menulis tegakbersambung meningkat. Inisial D mendapat skor perolehan 75%, sedangkan HLmendapat skor perolehan 70%, maka pada penelitian ini di hentikan, karena anaksudah mencapai keberhasilan dalam menlis tegak bersambung dengan baik dansempurna.Kesimpulan pada penelitian in terdapat peningkatan kemampuan menulistegak bersambung bagi anak tunagrahita ringan melalui metode Drill. Disarankanpada guru kelas atau pada guru mata pelajaran bahasa Indonesia, bahwa metodeDrill dapat digunakan untuk pembelajaran menulis tegak bersambung denganbaik dan sempurna.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MENULIS TEGAK BERSAMBUNG, ANAK TUNAGRAHITA |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 01:01 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 01:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26640 |