Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Interaktif Berbasis Flash dengan Pendekatan SAVI pada Pokok Bahasan Impuls dan Momentum di Kelas XI SMA Negeri 3 Pariaman

Sairi, Andi Putra (2011) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Interaktif Berbasis Flash dengan Pendekatan SAVI pada Pokok Bahasan Impuls dan Momentum di Kelas XI SMA Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SAIRI_ANDI-PUTRA_77493_1727_2011.pdf] Text
final_B1_SAIRI_ANDI-PUTRA_77493_1727_2011.pdf

Download (277kB)

Abstract

KTSP menuntut siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran fisika. Pada
pelajaran fisika siswa tidak hanya mendengar dan mencatat, tetapi harus
dilibatkan secara aktif dalam mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya.
Kenyataan menunjukkan guru di SMA 3 Pariaman cenderung menggunakan
metoda konvensional sehingga proses pembelajaran fisika menjadi membosankan
dan monoton. Pendekatan SAVI diprediksi mampu membuat siswa aktif. Atas
dasar ini perlu dikembangkan media pembelajaran fisika interaktif berbasis flash
dengan pendekatan SAVI yang berisi visualisasi konsep pada materi Impuls dan
Momentum. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran
fisika interaktif berbasis flash dengan pendekatan SAVI yang valid, praktis, dan
efektif digunakan dalam pembelajaran fisika .
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan
desain penelitian desain eksperimen sebelum-sesudah untuk satu objek penelitian.
Sebagai objek penelitian adalah media pembelajaran fisika interaktif berbasis
flash dengan pendekatan SAVI dan siswa kelas XI IA1 SMAN 3 Pariaman yang
berjumlah 29 orang. Prosedur penelitiannya meliputi: mengenal potensi dan
masalah, mengumpulkan informasi, mengembangkan desain produk, melakukan
validasi desain, merevisi desain, dan melakukan uji coba produk. Instrumen
penelitian ini terdiri dari tiga jenis yaitu: lembar validasi tenaga ahli dan
tanggapan guru, lembar uji kepraktisan (observasi), dan tes hasil belajar siswa.
Teknik analisis yaitu: metoda deskriptif, metoda grafik, dan uji perbandingan rata
rata berkorelasi.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga hal yaitu : pertama, tersedia
media pembelajaran fisika interaktif berbasis flash dengan pendekatan SAVI
dalam bentuk CD yang memuat materi Impuls, Momentum, Hukum Kekekalan
Momentum, dan Tumbukan. Kedua, tersedia media pembelajaran fisika interaktif
berbasis flash dengan pendekatan SAVI yang dihasilkan adalah valid dengan nilai
validitas rata-rata sebesar 84,625 oleh pakar dan 87,35 oleh guru. Ketiga, media
pembelajaran fisika interaktif berbasis flash dengan pendekatan SAVI pada pokok
bahasan impuls dan momentum yang dihasilkan adalah praktis dan efektif
diterapkan dalam pembelajaran fisika di kelas XI SMAN 3 Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 10 Oct 2025 01:00
Last Modified: 10 Oct 2025 01:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26639

Actions (login required)

View Item
View Item