Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada SMPN 4 Kota Padang Panjang

Sakti, Sakti (2009) Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada SMPN 4 Kota Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SAKTI_71278_05_2009.pdf] Text
final_B1_SAKTI_71278_05_2009.pdf

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Penerapan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006 mata pelajaran Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan pada SMPN 4 Kota Padang Panjang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang berarti hanya bermaksud
untuk menggambarkan penerapan KTSP tahun 2006 mata pelajaran Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan apa adanya dan tanpa menguji hipotesis.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX yang
berjumlah 333 orang. Metode penarikan sampel adalah dengan metode
penunjukan dengan teknik Purposive Sampling yaitu siswa kelas IX ditunjuk
sebagai sampel yang berjumlah 80 orang. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : materi yang diterapkan dalam
pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan belum sesuai dengan
tuntutan KTSP tahun 2006. Materi pembelajaran yang sudah diterapkan meliputi :
(1) Aktivitas permainan bola kaki, bola Voli, dan bola basket; (2) Aktivitas
permainan atletik yang sudah diterapkan lari jarak pendek, lompat jauh, tolak
peluru, lempar cakram, dan lempar lembing; (3) Aktivitas senam yang sudah
diterapkan adalah senam dasar; dan (4) Aktivitas pengembangan yang meliputi
latihan kekuatan otot, lari/jogging, dan senam kebugaran lainnya. Sedangkan
materi yang belum diterapkan meliputi : (1) Aktivitas permainan bulu tangkis,
softball, tenis meja, tenis lapangan, disamping itu olahraga bela diri belum
diterapkan sama sekali; (2) Aktivitas olahraga atletik yang belum diterapkan
adalah lompat tinggi; (3) Aktivitas senam yang belum diterapkan adalah senam
irama/ritmik dan senam erobik; dan (4) Olahraga air belum diterapkan sama
sekali. Untuk itu perlu adanya kemauan dan disiplin guru serta adanya
pengawasan dari pihak pimpinan agar setiap materi yang tertuang dalam KTSP
tahun 2006 dapat terlaksana.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 10 Oct 2025 01:00
Last Modified: 10 Oct 2025 01:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26638

Actions (login required)

View Item
View Item