Nismarini, Nismarini (2011) Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Penjasorkes Siswa SD Negeri 07 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_NISMARINI_89798_2011.pdf
Download (136kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini berawal dari observasi yang penulislakukan di lapangan, bahwa rendahnya hasil belajar penjasorkes siswa diSD Negeri 07 Sintoga Kecamatan Sintoga Kabupaten Padang Pariaman.Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar penjasorkestersebut diantaranya adalah motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajarpenjasorkes.Jenis penelitian adalah korelasional. Populasinya adalah seluruhsiswa Sekolah Dasar Negeri 07 Sintoga Kecamatan Sintoga KabupatenPadang Pariaman, yang berjumlah sebanyak 224 orang. Sampel diambildengan teknik purposive sampling, dengan demikian jumlah sampel dalampenelitian ini adalah 37 orang. Data dikumpulkan dengan menyebarkanangket kepada siswa untuk mendapatkan data tentang motivasi belajar.sedangkan data hasil belajar penjasorkes diperoleh dari nilai yang terteradi dalam rapor. Data dianalis dengan menggunakan korelasi productmoment.Hasil analisis data menunjukkan bahwa hubungan motivasi belajardengan hasil belajar diperoleh rhitung 0,411 > rtabel 0,3256, artinya terdapathubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajarpenjasorkes siswa di SD Negeri 07 Sintoga Kecamatan Sintuk TobohGadang Kabupaten Padang Pariaman dan diterima kebenarannya secaraempiris.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR, PENJASORKES SISWA |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education S Sport |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 01:00 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 01:00 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26636 |
