Tika, Tika (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Padang dengan Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_TIKA_86400_4515_2011.pdf
Download (233kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal sebagai berikut. Pertama, siswa kurang berminat dalam pembelajaran membaca, khususnya membaca kritis. Kedua, kemampuan membaca siswa sebagian besar hanya sebatas kemampuan membaca literal. Ketiga, strategi pembelajaran yang digunakan guru tidak terlaksana sebagaimana mestinya, sehingga pembelajaran membaca kritis yang dikuasai siswa hanya di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan kemampuan membaca kritis siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Padang dengan penggunaan strategi pembelajaran inkuiri semester Januari-Juni tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data berupa pelaksanaan tindakan, yang dijaring dengan lembar observasi, angket, dan catatan lapangan. Data hasil belajar dijaring dengan tes, yaitu tes kemampuan membaca kritis. Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri atas empat unsur yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran inkuiri dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca kritis siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Padang. Dari hasil analisis observasi aktivitas belajar siswa siklus I berkualifikasi baik, sedangkan perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus II tingkat pencapaiannya berkualifikasi sangat baik,. Ini membuktikan bahwa penggunaan strategi pembelajaran inkuiri dalam membaca kritis dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Di samping itu, pencapaian hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 66,470, sedangkan pada siklus II mencapai 79,632. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini, membuktikan bahwa penggunaan strategi pembelajaran inkuiri dalam membaca kritis dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Kritis, Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 00:59 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 00:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26629 |
