Yuherlina, Nisa (2011) Hubungan Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NISA_YUHERLIN_83445_5023_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NISA_YUHERLIN_83445_5023_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NISA_YUHERLIN_83445_5023_2011.pdf
Download (363kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tiga hal sebagai berikut.Pertama, mendeskripsikan kemampuan membaca kritis siswa kelas XI SMANegeri 2 Kota Solok. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis resensi bukusiswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok. Ketiga, menganalisis hubungan antarakemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis resensi siswa kelas XISMA Negeri 2 Kota Solok.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metodedeskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 KotaSolok yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011. Populasi berjumlah sebanyak229 orang dan tersebar dalam tujuh lokal. Sampel penelitian ini berjumlah 34orang. Persentase sampel 15% dari jumlah populasi siswa per kelas. Datapenelitian ini berupa hasil tes objektif berbentuk pilihan ganda untuk teskemampuan membaca Kritis yang terdiri dari 25 butir soal. Data keterampilanmenulis resensi buku siswa diperoleh dengan melakukan tes unjuk kerja. Datayang sudah terkumpul kemudian dianalisis sesuai indikator untuk mendapatkanskor dan nilai siswa.Berdasarkan pengolahan data dan pembahasan yang dilakukan, diperolehhasil penelitian sebagai berikut. Pertama, rata-rata tingkat kemampuan membacaKritis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok berada pada kualifikasi baik(80,23%) pada rentangan 76-85%. Kedua, rata-rata keterampilan menulis resensibuku siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok berada pada kualifikasi baik(76,89%) pada rentangan 76-85%. Ketiga, terdapat hubungan positif yangsignifikan antara kemampuan memabaca kritis dengan kemampuan menulisresensi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok. Hal ini dibuktikan dengan thitung> ttabel (5,817 > 2,052). Besarnya hubungan kedua variabel tersebut adalah sebesar0,717.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEMBACA KRITIS, MENULIS RESESNSI |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 09:48 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 09:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26622 |