Kontribusi Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Kemudi, Rem, Suspensi Otomotif (KRSO) Kelas XI Otomotif Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Padang

Ramadona, Thereo (2011) Kontribusi Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Kemudi, Rem, Suspensi Otomotif (KRSO) Kelas XI Otomotif Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_THEREO_RAMADONA_87810_3647_2011.pdf] Text
final_B1_THEREO_RAMADONA_87810_3647_2011.pdf

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan dan wawancara yang peneliti lakukan selama melaksanakan observasi di SMK N 1 Padang. Di sini terlihat kurangnya kreativitas siswa dalam proses pembelajaran, dan ini berdampak pada rendahnya hasil belajar pada mata diklat KRSO siswa kelas XI Otomotif Teknik Kendaraan Ringan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kontribusi kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat KRSO kelas XI Otomotif Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Padang. Hipotesis yang di ajukan adalah kreativitas belajar berkontribusi terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat KRSO kelas XI Otomotif Teknik Tendaraan Ringan di SMK N 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan populasi adalah siswa Kelas XI Otomotif pada Mata diklat KRSO Teknik Kendaraan Ringan dengan jumlah populasi 85 Orang siswa. Dengan sampel sebanyak 48 orang siswa diambil menggunakan teknik Proporsional Random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala linkert. Instrumen di uji cobakan pada 30 orang siswa untuk melihat validitas dan reliabilitas butir pernyataan. Dari 40 butir pernyataan kreativitas belajar (X) diperoleh 34 butir pernyataan yang dinyatakan valid, dengan tingkat reliabilitas 0,943. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan dilakukan uji t untuk melihat keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) version. 17.0 for Windows. Dari hasil penelitian di temukan bahwa kreativitas belajar siswa termasuk pada kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data di temukan sebesar 18,75 % memiliki kreativitas belajar sangat tinggi, 35,42 % memiliki kreativitas belajar tinggi, 35,42 % memiliki kreativitas belajar rendah dan 10,42 % memiliki kreativitas sangat rendah. Tingginya kreativitas belajar tersebut memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat KRSO kelas XI Otomotif Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Padang sebesar 11,3%. Berdasarkan temuan ini dapat di simpulkan bahwa kreativitas belajar adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk itu kita sebagai pendidik agar dapat menumbuhkan kreativitas belajar siswa dengan cara menciptakan suasana kelas yang kondusif dalam kegiatan pembelajaran dan menciptakan pelayanan pembelajaran yang menjadikan siswa merasa bebas mengemukakan pikiran atau pendapat serta gagasan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Kreativitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:57
Last Modified: 08 Oct 2025 08:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26609

Actions (login required)

View Item
View Item