Amelinda, Thalita (2011) Kontribusi Konsep Diri terhadap Hubungan Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_THALITA_AMELINDA_63698_2011.pdf [thumbnail of final_B1_THALITA_AMELINDA_63698_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_THALITA_AMELINDA_63698_2011.pdf
Download (146kB)
Abstract
Tugas perkembangan yang harus dicapai oleh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam hal hubungan sosial menurut Prayitno (1995:62-63) adalah mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria maupun wanita, mengarahkan diri pada peranan sosial sebagai pria atau wanita dan memantapkan cara-cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial. Kenyataannya di SMP Negeri 3 Pariaman kemampuan siswa dalam membina hubungan sosial cukup bervariasi. Ada siswa yang mampu membina hubungan sosial dengan baik, namun ada pula siswa yang kurang mampu membina hubungan sosial. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang diduga berkontribusi terhadap hubungan sosial siswa tersebut, salah satunya adalah konsep diri. Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian ini yang bertujuan untuk mengungkap kontribusi konsep diri terhadap hubungan sosial siswa SMP Negeri 3 Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis korelasional. Jumlah populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa SMP Negeri 3 Pariaman yakni sebanyak 649 orang. Sampel penelitian sebanyak 87 orang yang terdiri dari 30 orang siswa kelas VII, 29 orang siswa kelas VIII dan 28 orang siswa kelas IX yang diambil melalui teknik proportional random sampling dengan mempertimbangkan tingkatan kelas. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket yang telah melalui uji validitas konstruk (construct validity) dengan melakukan judgement experts oleh tiga orang dosen dan uji keterbacaan instrumen. Analisis data menggunakan teknik regresi dengan program SPSS versi 15. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas konsep diri siswa sebesar 70,75% artinya tergolong baik, (2) kualitas hubungan sosial siswa sebesar 72,84% artinya tergolong baik, (3) terdapat kontribusi konsep diri yang signifikan terhadap hubungan sosial siswa sebesar 25,3%. Temuan penelitian ini menyatakan bahwa konsep diri tidak bisa diabaikan di samping variabel-variabel lain yang diduga juga turut berkontribusi terhadap hubungan sosial siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konsep diri siswa SMP Negeri 3 Pariaman memberikan kontribusi yang positif guna meningkatkan kemampuan siswa membina hubungan sosial yang baik. Maka diharapkan guru pembimbing dapat mengembangkan program melalui kegiatan-kegiatan yang lebih efektif dan kreatif dalam kerangka layanan bimbingan dan konseling guna membangun konsep diri positif siswa untuk meningkatkan kemampuan siswa membina hubungan sosial.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kontribusi Konsep Diri, Hubungan Sosial Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 08:57 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 08:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26608 |