Perbedaan Hasil Belajar Seni Musik Antara Pembelajaran Musik Berbantuan Media Gambar Dengan Metode Konvensional di SMP Negeri 26 Kota Padang

Aini, Teta Resfa (2011) Perbedaan Hasil Belajar Seni Musik Antara Pembelajaran Musik Berbantuan Media Gambar Dengan Metode Konvensional di SMP Negeri 26 Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_TETA_RESFA_AINI_77291_2700_2011.pdf] Text
final_B1_TETA_RESFA_AINI_77291_2700_2011.pdf

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar seni musik antara pembelajaran musik berbantuan media gambar dengan metode konvensional pada kelas VIII3 dan VIII6 di SMP Negeri 26 Kota Padang. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode deskriptif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang mengikuti mata pelajaran seni musik di SMP Negeri 26 Kota Padang dengan jumlah populasi seluruhnya 213 orang. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII3 dan VIII6 SMP Negeri 26 Kota Padang tahun ajaran 2010/2011 yang masing-masing sebanyak 35 siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu penerapan pembelajaran dengan perlakuan berbeda sebagai variabel bebas (X) yang dibagi menjadi dua : (X1) perlakuan penerapan pembelajaran dengan mnggunakan media gambar dan (X2) perlakuan penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional, dan hasil belajar berupa posttest sebagai variabel terikat (Y). Analisis data menggunakan beberapa uji persyaratan analisis diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji validitas dan reliabilitas serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar seni musik antara pembelajaran musik berbantuan media gambar dengan metode konvensional di SMP Negeri 26 Kota Padang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata postest (tes akhir) di kelas eksperimen yang lebih unggul sebesar 77,00 dari kelas kontrol yang hanya sebesar 73,94. Pada taraf signifikan 0,05 dengan probabilitas 0,00 diperoleh t hitung sebesar -19,854 yang lebih kecil dari t sebesar 1,691. Berarti hasil belajar seni musik siswa yang dibantu dengan media gambar mengalami peningkatan daripada hasil belajar siswa yang hanya diberi perlakuan dengan metode konvensional. Maka H diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar seni musik antara pembelajaran musik berbantuan media gambar dengan 1 metode konvensional di SMP Negeri 26 Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Seni Musik Antara Pembelajaran Musik Berbantuan Media Gambar Dengan Metode Konvensional
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:55
Last Modified: 08 Oct 2025 08:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26600

Actions (login required)

View Item
View Item