Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Kuantum terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri 09 Air Pacah Padang

Marnis, Marnis (2011) Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Kuantum terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri 09 Air Pacah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MARNIS_82780_2011.pdf] Text
final_B1_MARNIS_82780_2011.pdf

Download (233kB)

Abstract

Ditemukan di SD Negeri 09 Air Pacah masih banyak siswa yang memperoleh nilai matematika di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah. Hal ini karena siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika yang disebabkan oleh kurangnya motivasi siswa untuk belajar, media yang jarang digunakan, penggunaan strategi/metode pembelajaran yang monoton, kaku dan kurang mengaktifkan siswa. Pendekatan strategi pembelajaran kuantum dinilai dapat memberi solusi terhadap permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi pembelajaran kuantum efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar dalam pokok bahasan sifat-sifat bangun. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Penggunaan strategi pembelajaran kuantum efektif meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 09 Air Pacah Padang dalam taraf nyata (α) 0,05”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 09 Air Pacah yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan sampel siswa kelas V.A (kelas eksperimen) dan V.B (kelas kontrol). Proses pembelajaran kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran kuantum. Sedangkan kelas kontrol proses pembelajarannya tidak menggunakan strategi pembelajaran kuantum. Teknik dan alat pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal objektif dan essay. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, diketahui bahwa data berasal dari kelompok berdistribusi normal dan homogen yang merupakan syarat untuk dapat dianalisis menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian ternyata hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kuantum (kelas eksperimen) memperoleh nilai rata-rata sebesar 8,54. Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 6,26. Setelah dianalisis dengan uji-t didapat nilai t hitung lebih besar dari t tabel (7,6 > 2,000). Maka hipotesis penelitian yang berbunyi “Penggunaan strategi pembelajaran kuantum efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 09 Air Pacah Padang dalam taraf nyata (α) 0,05”, dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kuantum efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Oleh karena itu, sebaiknya guru menggunakan strategi pembelajaran kuantum dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran matematika kelas V sekolah dasar dengan materi ajar sifat-sifat bangun.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KUANTUM, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:55
Last Modified: 08 Oct 2025 08:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26599

Actions (login required)

View Item
View Item