Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Penggunaan Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII-4 SMP Negeri 31 Padang

Marnis, Marnis (2009) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Penggunaan Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII-4 SMP Negeri 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MARNIS_78948_06_09.pdf] Text
final_B1_MARNIS_78948_06_09.pdf

Download (155kB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas VIII-4 SMP N 31 Padang pada mata pelajaran TIK semester II tahun pembelajaran 2008/2009 hanya memperoleh nilai rata-rata 60 di bawah KKM yaitu 6,5. Hal ini disebabkan terbatasnya jumlah komputer serta jumlah siswa yang terlalu banyak dalam satu lokal praktek menyebabkan guru kewalahan dalam menggelola kelas sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh sebab itu penulis mencoba memperbaiki proses dan hasil pembelajaran dengan melakukan penelitian tindakan kelas melalui pembelajaran tutor sebaya yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelasVIII-4 yang berjumlah sebanyak 40 orang siswa terdiri dari 21 orang perempuan dan 19 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data adalah observasi langsung yang dilakukan oleh kalaborator dan tes hasil belajar, sedangkan alat pengumpulan data adalah lembar observasi aktivitas dan lembaran tes siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis persentase dan mean score. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas yang dilakukan oleh siswa. Pada siklus I dari 61% meningkat menjadi 82% pada siklus II. Peningkatan aktivitas ini juga diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 70,%, dan masih terdapat 12 siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal mencapai 87,5%. Dengan tutor sebaya kelas menjadi lebih aktif, keterbatasan kemampuan siswa untuk menggungkapkan ketidak pahamannya terhadap materi pelajaran kepada guru dapat dengan mudah disampaikan kepada teman. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VIII-4 SMPN 31 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA, TUTOR SEBAYA
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:55
Last Modified: 08 Oct 2025 08:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26596

Actions (login required)

View Item
View Item