Sukmawati, Sukmawati (2012) Pengaruh Teknik Make a Match dalam Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 29 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_PRIMA SUKMAWATI_04983.pdf [thumbnail of final_B1_PRIMA SUKMAWATI_04983.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_PRIMA SUKMAWATI_04983.pdf
Download (2MB)
Abstract
Strategi Pembelajaran Biologi yang digunakan pada pembelajaran biologi
di SMPN 29 Padang kurang bervariasi. Akibatnya siswa menganggap biologi
merupakan mata pelajaran hafalan, sehingga menyebabkan mata pelajaran biologi
menjadi kurang disenangi. Siswa kurang termotivasi dalam belajar dan
kemampuan siswa mengingat materi yang baru dipelajari juga kurang. Teknik
Make a Match dapat memotivasi siswa dalam belajar dan membuat siswa lebih
paham terhadap materi yang baru dipelajari. Penggunaan teknik Make a Match
dalam model pembelajaran langsung dilakukan pada sintaks guru mengecek
pemahaman siswa dan memberikan umpan balik. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh teknik Make a Match dalam model pembelajaran
langsung terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 29 Padang.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian
Randomized Control-Group Posttest Only Design. Kelas sampel ditentukan
dengan teknik Sample Random Sampling, dan didapatkan kelas VIII-5 sebagai
kelas kontrol dan kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian ini
adalah data primer, diperoleh dari hasil tes siswa di akhir penelitian. Data yang
didapatkan dianalisis dengan Uji t, karena data terdistribusi normal dan varians
homogen, dengan kriteria hipotesis diterima apabila thitung> ttabel, selain itu
hipotesis ditolak.
Hasil penelitian, ditemukan pada kelas ekperimen nilai rata-rata 71,60
yang lebih tinggi dibandingkan nilai-nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 62,19. Hasil
uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung yaitu 3,22. Bila dibandingkan dengan
ttabel yaitu 2,00, maka thitung > ttabel. Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan
dapat diterima dengan taraf nyata 0,05. Dapat disimpulkan, penerapan teknik
Make a Match dalam Model Pembelajaran Langsung berpengaruh positif secara
signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 29 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TEKNIK MAKE A MATCH |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 08:55 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 08:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26594 |