Pengaruh Metode ORID Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 2 Solok

Junaidi, Sammy (2011) Pengaruh Metode ORID Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SAMMY_JUNAIDI_68088_2711_2011.pdf] Text
final_B1_SAMMY_JUNAIDI_68088_2711_2011.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Rendahnya kemampuan siswa
memahami materi sejarah di SMA 2 Solok di mana hasil belajar sejarah siswa yang
rendah dan tidak ada peningkatan yang berarti, hal ini di sebabkan oleh beberapa
faktor, salah satunya proses belajar sejarah yang monoton dimana dalam proses
penyampaiyan materi siswa lebih cenderung menerima apa yang di sampaikan guru,
mereka kurang terlibat secara aktif dalam proses belajar mangajar sehingga mereka
hanya bisa menghafal/mengingat apa yang di sampaikan guru, padahal tujuan dari
proses dari pembelajaran sejarah adalah salah satunya melatih siswa memahami
peristiwa sejarah untuk berpikir secara kritis dan analisis. Salah satu cara untuk
meningkatkan hasil belajar adalah dengan menggunakan metode ORID . Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode ORID terhadap
hasil belajar sejarah siswa SMA N 2 Solok. Manfaat penelitian ini adalah
mendorong guru sejarah berinovasi dalam menggunakan metode pembelajaran
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif,dimana data diperoleh
melalui eksperimen lansung pada XI Siswa SMA N 2 SOLOK yang berjumlah 112
orang. Pemilihan sampel pada penelitian ini di ambil bedasarkan random kelompok
dengan asumsi bahwa setiap kelompok memiliki kemampuan dan kebiasaan belajar
sejarah yang sama. Pengambilan sampel di ambil sebanyak 2 kelas, untuk kelas
eksperimen yaitu IPS 1 dan untuk kelas kontrol IPS 3. Setelah dilakukan penelitian
didapat bahwa pencapaiyan kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol,
ini dilihat dari nilai rata rata kelas eksperimen 14.58 dan rata-rata nilai kelas
kontrol 10.06. Dari perhitungan uji t diperoleh harga thitung yaitu 6.55 lebih besar
dari ttabel yaitu 1.80
Setelah di lakukan penelitian dapat di simpulkan bahwa penerapan
metode ORID berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam memahami
materi pelajaran sejarah kelas XI SMA N 2 SOLOK

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:54
Last Modified: 08 Oct 2025 08:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26591

Actions (login required)

View Item
View Item