Desinda, Prima (2011) Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Interaktif Berbahasa Inggris dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa R-SMA-BI Kelas X SMAN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_PRIMA DESINDA-841222-2011.pdf [thumbnail of final_B1_PRIMA DESINDA-841222-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_PRIMA DESINDA-841222-2011.pdf
Download (688kB)
Abstract
Sumber belajar berbahasa Inggris berbasis ICT dalam pelaksanaan
pembelajaran di R-SMA-BI masih kurang. Salah satu alternatif untuk mengatasi
permasalahan ini dengan menggunakan buku ajar interaktif berbahasa Inggris.
Buku ajar interaktif dapat membuat pembelajaran Fisika menjadi lebih menarik.
Penggunaan buku ajar interaktif berbahasa Inggris diperkirakan dapat
meningkatkan hasil belajar Fisika siswa. Peneliti bertujuan untuk menyelidiki
pengaruh penggunaan buku ajar interaktif berbahasa Inggris dalam pembelajaran
Fisika terhadap hasil belajar siswa R-SMA-BI kelas X SMAN 1 Padang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (Quasi
Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group
Only Design. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa pada kelas X di RSMA-
BI 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011. Melalui teknik
Cluster Random Sampling didapatkan kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan
kelas X2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes
tertulis untuk ranah kognitif dan observasi untuk ranah afektif. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu konversi skor ke nilai, analisis statistik deskriptif, uji
normalitas dan homogenitas serta uji kesamaan dua rata-rata.
Dari analisis data dapat dikemukakan dua hasil penelitian ini. Pertama, nilai
rata-rata siswa dalam pembelajaran Fisika menggunakan buku ajar interaktif
berbahasa Inggris untuk ranah kognitif dan afektif masing-masing 77,2 dan 73,8.
Kedua, penggunaan buku ajar interaktif berbahasa Inggris dalam pembelajaran
Fisika memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar siswa baik pada
ranah kognitif maupun pada ranah afektif
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENGGUNAAN BUKU AJAR INTERAKTIF |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 08:53 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 08:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26582 |