PeningkatanHasil Belajar Bangun Ruang Prisma dengan Menggunakan Media Model di Kelas VI SD Negeri 07 Supanjang Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar

Riyadi, Slamet (2011) PeningkatanHasil Belajar Bangun Ruang Prisma dengan Menggunakan Media Model di Kelas VI SD Negeri 07 Supanjang Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SLAMET_RIYADI_50848_2011.pdf] Text
final_B1_SLAMET_RIYADI_50848_2011.pdf

Download (322kB)

Abstract

Penelitian  ini  dilandasi  oleh  kenyataan  di  lapangan  bahwa  dalammengajar guru  jarang  sekali  menggunakan  media  model,  kerena  menurut  guru  media modelmembutuhkan  biaya,  peralatan,  dan  waktu yang  banyak.  Melihat  kondisi yang  demikian  maka  dilakukan  penelitian  terhadap  pembelajaran  bangun  ruang prisma.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  merancang,  melaksanakan  dan meningkatkan hasil belajar bangun ruang prisma. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  dengan  menggunakan pendekatan  kualitatif  dan  kwantitatif,  yang  terdiri  atas  dua  siklus.  Setiap siklusnya  terdiri  atas  empat tindakan,  yaitu  perencanaan,  tindakan,  observasi dan  refleksi.  Subjek  penelitian  ini  adalah  peneliti  sebagai  praktisi,  siswa  kelas VISD  Negeri  07  Supanjang  Kecamatan  Lima  Kaum  Kabupaten  Tanah  Datar.Teknik Pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  adalah  dengan  melakukan  tes,  observasi, dan  catatan  lapangan.  Instrumen  penelitian  ini  berupa  tes  hasil  belajar,  lembar observasi,  dan  lembar  catatan lapangan,  dan  analisis  data  dalam  penelitian  ini dilakukan dengan cara analisis data kualitatif da kuantitatif. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  proses  pembelajaran  menggunakan media  model.  Peningkatan  hasil  belajar  siswa  dapat  dilihat  dari:  rata‐rata  skor aspek  afektif  pada  siklus  I  diperoleh  nilai  68  dan  berada  pada  kriteria  cukup,  lalu pada  siklus II  menjadi  78  dan  berada  pada  kriteria  baik.  Aspek  psikomotor  siswa pada  siklus  I  diperoleh  nilai  77  berada  pada  kriteria  baik.Selanjutnya  nilai tersebut meningkat lagi menjadi 84 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Aspek  kognitif  pada  siklus  I  memperoleh  nilai  68  dengan  11  orang  siswa mencapai  ketuntasan  minimal,sedangkan  pada  siklus II  diperoleh  rata‐rata  skor aspek  kognitif  siswa  dengan  nilai  83  dimana  semua  siswa  mampu  mencapai ketuntasan  minimal  yang  telah  ditetapkan,yaitu  70.Dengan  demikian  pada  siklus II  penelitian  ini  semua  siswa  kelas  VI  SD  Negeri  07  Supanjang  Kecamatan  Lima Kaum  Kabupaten  Tanah  Datar  mampu  mencapai  ketuntasan  belajar  minimal yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bangun Ruang Prisma, Media Model, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar Afektif, Psikomotor, Kognitif, SD Negeri 07 Supanjang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:52
Last Modified: 08 Oct 2025 08:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26578

Actions (login required)

View Item
View Item