Riyadi, Slamet (2011) PeningkatanHasil Belajar Bangun Ruang Prisma dengan Menggunakan Media Model di Kelas VI SD Negeri 07 Supanjang Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SLAMET_RIYADI_50848_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SLAMET_RIYADI_50848_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SLAMET_RIYADI_50848_2011.pdf
Download (322kB)
Abstract
Penelitian ini dilandasi oleh kenyataan di lapangan bahwa dalammengajar guru jarang sekali menggunakan media model, kerena menurut guru media modelmembutuhkan biaya, peralatan, dan waktu yang banyak. Melihat kondisi yang demikian maka dilakukan penelitian terhadap pembelajaran bangun ruang prisma. Penelitian ini bertujuan untuk merancang, melaksanakan dan meningkatkan hasil belajar bangun ruang prisma. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kwantitatif, yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklusnya terdiri atas empat tindakan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai praktisi, siswa kelas VISD Negeri 07 Supanjang Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar.Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tes, observasi, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan lembar catatan lapangan, dan analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara analisis data kualitatif da kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan media model. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari: rata‐rata skor aspek afektif pada siklus I diperoleh nilai 68 dan berada pada kriteria cukup, lalu pada siklus II menjadi 78 dan berada pada kriteria baik. Aspek psikomotor siswa pada siklus I diperoleh nilai 77 berada pada kriteria baik.Selanjutnya nilai tersebut meningkat lagi menjadi 84 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Aspek kognitif pada siklus I memperoleh nilai 68 dengan 11 orang siswa mencapai ketuntasan minimal,sedangkan pada siklus II diperoleh rata‐rata skor aspek kognitif siswa dengan nilai 83 dimana semua siswa mampu mencapai ketuntasan minimal yang telah ditetapkan,yaitu 70.Dengan demikian pada siklus II penelitian ini semua siswa kelas VI SD Negeri 07 Supanjang Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar mampu mencapai ketuntasan belajar minimal yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bangun Ruang Prisma, Media Model, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar Afektif, Psikomotor, Kognitif, SD Negeri 07 Supanjang |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 08:52 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 08:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26578 |