Ardi, Zadrian (2012) Capaian Tugas Perkembangan Sosial Siswa dengan Kelompok Teman Sebaya dan Implikasinya Terhadap Program Layanan Bimbingan dan Konseling: Studi deskriptif terhadap Siswa SMA Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SKRIPSI ZADRIAN ARDI (013212008) (PDF).pdf [thumbnail of final_B1_SKRIPSI ZADRIAN ARDI (013212008) (PDF).pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SKRIPSI ZADRIAN ARDI (013212008) (PDF).pdf
Download (359kB)
Abstract
Setiap individu akan melalui proses perkembangan, dan dalam proses perkembangan tersebut individu diharapkan mampu menguasai tugas-tugas perkembangannya secara optimal. Siswa sebagai seorang remaja juga seharusnya dapat mencapai tugas-tugas perkembangan tersebut. Salah satu tugas perkembangan yang harus dicapai siswa adalah tugas perkembangan sosial dengan kelompok teman sebaya. Kenyataan di lapangan masih terdapat siswa yang belum menguasai tugas-tugas perkembangan ini secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) tingkat capaian kemampuan remaja dalam membina hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya, 2) tingkat capaian kemampuan remaja dalam melaksanakan peranan sosial sesuai dengan jenis kelamin, 3) Implikasi capaian tugas perkembangan sosial siswa dengan kelompok teman sebaya terhadap program pelayanan bimbingan dan konseling. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian berasal dari kelas XI SMA Negeri 1 Padang yang berjumlah 217 orang. Sampel diambil menggunakan teknik Proportional Random Sampling, sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 140 orang siswa. Penelitian dilaksanakan dengan mengadnimistrasikan instrumen penelitian kepada siswa. Data dianalisis data, metode yang digunakan adalah teknik persentase. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa capaian tugas perkembangan sosial siswa dalam kelompok teman sebaya berkenaan dengan kemampuan membina hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya secara umum telah tercapai (94,29%), dan capaian tugas perkembangan sosial siswa dalam kelompok teman sebaya berkenaan dengan kemampuan melaksanakan peran sosial sesuai dengan jenis kelamin secara umum telah tercapai (93,57%). Secara keseluruhan, capaian tugas perkembangan sosial siswa dalam kelompok teman sebaya telah tercapai (95,72%). Kemudian terdapat beberapa pernyataan angket yang berada di bawah klasifikasi capaian yang ditetapkan, sehingga dapat dijadikan prioritas dalam program pelayanan bimbingan dan konseling bagi guru pembimbing. Dari hasil penelitian yang diperoleh, maka disarankan kepada guru pembimbing untuk menyelenggarakan berbagai layanan yang dapat mengoptimalkan capaian tugas perkembangan siswa, kemudian kepada kepala sekolah agar menyiapkan kelengkapan sarana dan prasarana dalam menunjang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. Bagi peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti variabel lain yang berkontribusi terhadap pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Sosial Siswa, Kelompok Teman Sebaya, Layanan Bimbingan dan Konseling, SMA Negeri 1 Padang |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 08:52 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 08:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26577 |