Rahmadani, Wiwi (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Handout Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_skripsi wiwi.pdf [thumbnail of final_B1_skripsi wiwi.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_skripsi wiwi.pdf
Download (2MB)
Abstract
Hasil pencapaian kompetensi belajar Fisika di SMAN 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman terlihat rendah karena pada proses pembelajaran guru kurang mengaktifkan siswa dalam menemukan konsep Fisika. Pembelajaran Fisika harus dilaksanakan dalam suasana belajar yang menyenangkan agar dapat memotivasi dan mengaktifkan siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Handout. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Handout terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yang diajar oleh guru yang sama dan terdaftar pada Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, sehingga terpilih kelas X.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.8 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi hasil belajar dari dua ranah yaitu kognitif dan afektif. Dengan instrumen penilaian berupa tes hasil belajar (multiple choice test), format observasi ranah afektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t untuk ranah kognitif dan interpretasi grafik untuk ranah afektif. Dari kegiatan penelitian yang dilakukan, didapatkan data penilaian hasil belajar Fisika siswa pada dua ranah. Pertama, pada ranah kognitif diperoleh ratarata kelas eksperimen 76,45 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 60,51. Dengan uji statistik t, didapat t hitung = 5,35 dan t = 1,67. Begitu juga dengan hasil belajar Pada ranah afektif, terlihat nilai rata-rata afektif siswa, didapatkan rata-rata kelas eksperimen 88,67 % lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 71,10 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat Perbedaan yang Berarti Antara Kompetensi Siswa yang menggunakan metoda pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan handout dengan pembelajaran yang tidak menggunakan metoda pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan taraf kepercayaan 95%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Make a Match, Hasil Belajar Fisika, Ranah Kognitif dan Afektif, SMAN 1 Batang Anai |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 08:51 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 08:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26574 |