Penerapan Teknik Tukar Tanya Antar Tim pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011.

Oktiamida, Tessy (2010) Penerapan Teknik Tukar Tanya Antar Tim pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_TESSY OKTIAMIDA-77428-2011.pdf] Text
final_B1_TESSY OKTIAMIDA-77428-2011.pdf

Download (221kB)

Abstract

Pada kelas VIII SMPN 9 Padang masih ditemukan hasil dan aktivitas belajar matematika siswa rendah. Hal ini terjadi dikarenakan dalam pembelajaran matematika siswa masih kurang mau bertanya jika tidak memahami pelajaran. Sehingga guru tidak dapat mengetahui apakah siswa telah paham pelajaran atau tidak. Salah satu upaya yang diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa adalah dengan menerapkan teknik tukar tanya antar tim Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran teknik tukar tanya antar tim lebih baik daripada dengan pembelajaran konvensional? dan bagaimanakah aktivitas belajar matematika siswa dengan pembelajaran teknik tukar tanya antar tim?. Hipotesis dalam penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran teknik tukar tanya antar tim lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional, sedangkan pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana aktivitas siswa dengan pembelajaran teknik tukar tanya antar tim? Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 9 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011. Teknik dalam penentuan sampel adalah Randomized Control Group Only Design sampel yang terpilih adalah kelas VIII.4 dan kelas VIII.2. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji-t, sedangkan data aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata matematika kelas eksperimen adalah 69,03 sedangkan kelas kontrol adalah 60,11. Berdasarkan uji hipotesis terlihat bahwa nilai P-value = 0,039. Oleh karena P-value < α,ini menyebabkan hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa dengam menerapkan teknik tukar tanya antar tim lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional. Di samping itu, dari data hasil observasi diketahui secara umum terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam bertanya. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teknik tukar tanya antar tim dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknik Tukar Tanya Antar Tim pada Pembelajaran Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:50
Last Modified: 08 Oct 2025 08:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26571

Actions (login required)

View Item
View Item