Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas X SMA

Anggraini, Silfi (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SKRIPSI SILFI ANGGRAINI_8_86337.pdf] Text
final_B1_SKRIPSI SILFI ANGGRAINI_8_86337.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi Hidrokarbon di kelas X SMANegeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Randomized Control Only Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMANegeri 8 Padang tahun pelajaran 2011/2012. Sampel penelitian diambil secara acak dengan teknik Random Sampling dan terpilih kelas X.I sebagai kelas eksperimen dan kelas X.8sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan hasil belajar kimia siswa pada materi hidrokarbon di kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif yang dilihat dari nilai tes akhir. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipeRound Robin memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 72,20 dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dengan nilai 67,78. Untuk melihat perbedaan kedua kelas berarti atau tidak maka digunakan uji-t pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) sebesar 68 diperoleh t hitung sebesar 1,87 sedangkan t tabel i sebesar 1,67. Hal ini berarti t , maka hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwahasil belajar hitung kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robinlebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensionalpada materi hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 8 Padang. Dengan demikian, karena hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol, maka model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, Round Robin, hasil belajar, kimia, hidrokarbon, eksperimen, SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:50
Last Modified: 08 Oct 2025 08:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26570

Actions (login required)

View Item
View Item