Meningkatkan Kognitif Anak melalui Papan Habitat dengan Metode Proyek di TK Pertiwi 2 Padang

Marniyetti, Marniyetti (2011) Meningkatkan Kognitif Anak melalui Papan Habitat dengan Metode Proyek di TK Pertiwi 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MARNI_YETTI_88562_2011.pdf] Text
final_B1_MARNI_YETTI_88562_2011.pdf

Download (194kB)

Abstract

Kemampuan kognitif anak merupakan suatu kecerdasan atau kemampuan proses berfikir, di mana kecerdasan Anak Usia Dini yang paling baik berkembang adalah pada usia 4 tahun pertama. Guru sangat memiliki peranan penting dalam menyediakan pengalaman belajar yang seluas-luasnya bagi anak. Oleh sebab itu pemilihan metode menjadi penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan minat anak. Salah satunya adalah metode praktek langsung. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan pengembangan kognitif anak yang efektif melalui metode proyek. Metodologi penelitian yang peneliti lakukan adalah metode proyek dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian kelompok B2 TK Pertiwi2 Padang dengan jumlah anak 22 orang yang terdiri dari 11 orang anak perempuan dan 11 orang anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah dengan observasi, mencatat setiap kegiatan anak dari awal sampai akhir. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik kualitatif, kuantitatif, dan persentase. Tingkat keberhasilan anak mencapai 51% dan dilanjutkan pada siklus II perkembangan kognitif anak menjadi lebih meningkat serta menunjukkan hasil yang positif, terlihat dengan tercapainya persentase tingkatan keberhasilan anak meningkat menjadi 87%. Dengan demikian tingkat keberhasilan anak melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75%. Kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan melalui papan habitat dengan metode proyek yang dilakukan dari siklus I sampai siklus II dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode proyek melalui permainan papan habitat dapat meningkatkan kognitif anak di TK Pertiwi 2 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOGNITIF ANAK, PAPAN HABITAT
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:50
Last Modified: 08 Oct 2025 08:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26567

Actions (login required)

View Item
View Item