Liza, Liza (2012) Peningkatan Hasil Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Tipe Jigsaw Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 29 Tabek Patah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SKRIPSI LIZA (52713).pdf [thumbnail of final_B1_SKRIPSI LIZA (52713).pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SKRIPSI LIZA (52713).pdf
Download (652kB)
Abstract
Pada SDN 29 tabek Patah pendidikan kewarganegaan bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan yaitu meningkatkan sarana, prasarana dan peningkatan kualitas guru sehingga guru manpu mengunakan pendekatan yang bervariasi dimana guru dominan mengunakan metode ceramah ,guru berperan aktif sementara siswa mendengarkan sehingga pembelajaran menjadi menonton dan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan mengunakan pendekatan cooperative tipe jigsaw yang bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar. Pendekatan cooperative tipe jigsaw yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus secara bertahap,data penelitian berupa imformasi tentang proses ,data hasil tindakan kelas yang diperoleh dari hasil pengamatan dan cacatan dalam setiap peningkatan belajar dengan mengunakan pendekatan cooperative tipe jigsaw kelas V SD Negeri 29 Tabek Patah kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Dari hasil belajar siklus I pertemuan I rata – rata 6,8.Pertemuan II 7,0 sedangkan tes akhir siklus II pertemuan I 8,3 .pertemuam II 8,5 jadi Rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus I yaitu 75 menjadi 83,75. 5 pada pengamatan terjadi peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan kooperatif,jigsaw,hasil belajar,SD Negeri 29 Tabek Patah,Penelitian Tindakan Kelas (PTK),pembelajaran kewarganegaraan,keaktifan siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 08:50 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 08:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26566 |