Korelasi Kemampuan Membaca Apresiatif Cerpen dan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar

Leoni, Tessa Dwi (2011) Korelasi Kemampuan Membaca Apresiatif Cerpen dan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_TESSA_DWI_LEONI_83487_4750_2011.pdf] Text
final_B1_TESSA_DWI_LEONI_83487_4750_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan membaca apresiatif cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar, (2) kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar, dan (3) menganalisis korelasi antara kemampuan membaca apresiatif cerpen dan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar dengan sampel berjumlah 32 orang. Data penelitian diperoleh melalui hasil tes objektif dan tes menulis. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan membaca apresiatif cerpen sedangkan tes menulis digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis cerpen. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, pada tes objektif dicocokkan jawaban siswa sesuai dengan kunci jawaban yang telah disediakan, kemudian dicatat skor mentah siswa. Kedua, memeriksa hasil tulisan siswa tentang menulis cerpen sesuai dengan aspek yang dinilai. Ketiga, mengubah skor tes objektif dan tes tertulis menjadi nilai dengan rumus persentase. Keempat, mengklasifikasikan nilai ke dalam patokan persentase skala sepuluh. Kelima, menentukan rata-rata hitung kedua kemampuan tersebut. Keenam, menyajikan data dalam bentuk histogram dari masing-masing hasil tes per indikator. Ketujuh, mengkorelasikan kedua variabel (kemampuan membaca apresiatif dengan kemampuan menulis cerpen). Kedelapan, melakukan pengujian hipotesis dengan rumus uji t. Kesembilan, mengambil kesimpulan berdasarkan perbandingan antara t hitung dengan t Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal tabel. berikut. Pertama, kemampuan membaca apresiatif cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar berada pada kualifikasi baik (78,7). Kedua, kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar berada pada kualifikasi baik (81,3). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca apresiatif cerpen dan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar. Ini berarti bahwa kemampuan membaca apresiatif cerpen berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerpen.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Apresiatif Cerpen dan Kemampuan Menulis Cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:49
Last Modified: 08 Oct 2025 08:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26563

Actions (login required)

View Item
View Item