Upaya Meningkatkan Disiplin Anak Usia Dini melalui Cerita Gambar Seri

Marni, Marni (2011) Upaya Meningkatkan Disiplin Anak Usia Dini melalui Cerita Gambar Seri. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MARNI_11460_2011.pdf] Text
final_B1_MARNI_11460_2011.pdf

Download (320kB)

Abstract

Berdasarkan masalah yang dikemukakan di TK Aisyiyah Sunur, kelompok B tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 25 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Kenyataan yang peneliti lihat bahwa disiplin anak dalam belajar masih rendah, hal ini terlihat pada anak yang suka berkata kotor, sering mengganggu teman dalam belajar dan suka berkililing di depan kelas. Ini disebabkan kurangnya disiplin anak di kelas dalam pembelajaran berlangsung. Penelitian yang peneliti lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, perencanaan atau refleksi untuk dapat memahami permasalahan di kelas yang ditemui sewaktu melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin anak usia dini dalam pembelajaran di kelas. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan disiplin anak usia dini menggunakan media gambar seri dengan metode bercerita dapat melatih anak berbahasa sopan, meningkatkan peraturan-peraturan yang ada dikelas seperti antri menunggu giliran dan menunjukan perbuatan-perbuatan yang benar dalam suatu persoalan serta serta meningkatkan kehadiran anak kesekolah. Perumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan bercerita gambar seri dapat meningkatkan disiplin anak usia dini di kelompok B?. Data tentang disiplin anak dalam pembelajaran diperoleh dari lembaran observasi yang dianalisis dengan tekhnik persentase. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase disiplin anak kategori sangat tinggi sebelum tindakan adalah 20 %, pada siklus I rata-ratanya 52 % sedangkan pada siklus II 85,6 %. Hal ini menunjukan bahwa disiplin anak mengalami peningkatan dari sebelum tindakan sampai dilakukan siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan bercerita gambar seri dalam pembelajaran dapat meningkatkan disiplin anak. Peneliti menyarankan bahwa untuk penelitian selanjutnya agar dapat meningkatkan fungsi dari media, yang mana merupakan karya inovasi yang dapat meningkatkan lebih banyak aspek yang harus dikembangkan pada anak usia dini

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DISIPLIN ANAK USIA DINI, CERITA GAMBAR SERI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:49
Last Modified: 08 Oct 2025 08:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26562

Actions (login required)

View Item
View Item