Zafiardi, Fery (2012) Pesepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran TI & K di Labor Komputer Sebagai Sumber Belajar di Kelas IX SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SKRIPSI fery zafiardi.pdf [thumbnail of final_B1_SKRIPSI fery zafiardi.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SKRIPSI fery zafiardi.pdf
Download (858kB)
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI & K) pada kelas IX SMP Negeri 13 Padang ditemui permasalahan yaitu kurangnya bimbingan dan perhatian guru dalam proses belajar mengajar, guru langsung menerapkan materi pelajaran setelah masuki ruangan praktek labor,dan jumlah komputer sesuai dengan jumlah siswa, guru hanya berpedoman kepada buku paket. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang Pesepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran TI & K di labor komputer sebagai sumber belajar dikelas IX SMP Negeri 13 Padang yang terdiri atas kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa IX SMP Negeri 13 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah ± 25 % dari jumlah siswa IX yang berjumlah 325 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data mengunakan teknik presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran TI & K di labor komputer sebagai sumber belajar di kelas IX SMP Negeri 13 Padang dalamkegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh guru dengan hasil yang diperoleh adalah baik (persentase skor yang diperoleh 80,4% pada rentang 61% - 80%), kegiatan inti yang dilakukan oleh guru dengan hasil yang diperoleh adalahsangat baik (persentase skor yang diperoleh 80,8% pada rentang 81% - 100%), kegiatan penutup yang dilakukan oleh guru dengan hasil yang diperoleh adalah baik (persentase skor yang diperoleh 80,3% pada rentang 61% - 80%).Kesiapan guru dalam pelaksanakanaan dalam belajar mengajar partikum pada labor komputer di SMP Negeri Padang telah sesuai dengan materi yang diajarkan oleh guru tersebut.Dalama fasilitas dan sarana penunjang seperti komputer untuk pelaksanaan pembelajaran TI & K yang jumlahnya masih belum memadai tidak mempengaruhi persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran TI & K di labor komputer sebagai sumber belajar di kelas IX SMP Negeri 13 Padang menjadi kurang baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran TI & K,labor komputer,SMP Negeri 13 Padang,persepsi siswa,pembelajaran deskriptif,angket,kegiatan pembelajaran,kuantitatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 08:49 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 08:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26560 |