Peranti, Six (2010) Upaya Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Melaksanakan Bimbingan Kelompok Menggunakan Lembaran Kerja Siswa pada Kelas VIII 4 SMP Negeri 1 Panti Tahun Pelajaran 2009/2010. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SIX PARANTI-10197-2011.pdf [thumbnail of final_B1_SIX PARANTI-10197-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SIX PARANTI-10197-2011.pdf
Download (210kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar matematika di kelas SMP Negeri 1 Panti, ternyata aktivitas belajar siswa rendah,terlihat dari kurang aktifnya siswa dalam mengerjakan latihan serta kurangnya respon bertanya dan memberikan pendapat dalam proses belajar mengajar, akibatnya hasil belajar matematika siswa juga masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan pemberian bimbingan kelompok menggunakan LKS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII 4 SMP N 1 Panti. Adapun hipotesis yang dikemukakan adalah pemberian bimbingan kelompok menggunakan LKS dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Panti. Penilitian ini adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK), alat pengumpul data yang di gunakan lembaran observasi LKS, tes hasil belajar (tes siklus). Lembaran observasi digunakan untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran, sedangkan LKS digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan pada saat pertemuan waktu itu, dan tes dipergunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan materi yang telah digabungkan dari beberapa kali pertemuan. Pada saat proses pembelajaran, aktivitas siswa diamati oleh teman sejawat. Berdasarkan data hasil penelitian siklus I dan II terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II yang terlihat sangat meningkat persentase siswa sebagai berikut : 4 4 i Mengerjakan PR dari 90% menjadi 96%, memperhatikan guru menerangkan dari 78% menjadi 94%, bertanya pada guru dari 35% menjadi 39%, menanggapi pertanyaan guru dari 28% menjadi 38%, mencatat dari 88% menjadi 98%, kerja sama dalam kelompok dari 69% menjadi 80%, tepat waktu dalam mengerjakan LKS dari 64,5% menjadi 85,5% dan kebenaran jawaban (ketuntasan) dari 82,7% menjadi 96,2%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemberian bimbingan kelompok menggunakan LKS dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII 4 SMP N 1 Panti.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran matematika,bimbingan kelompok,LKS,aktivitas belajar,hasil belajar,Penelitian Tindakan Kelas (PTK),SMP Negeri 1 Panti,kegiatan siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 08:47 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 08:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26552 |