Maidela, Nindi Okta (2011) Resepsi Guru Bahasa Indonesia di SMA Kecamatan Lubuk Basung terhadap Penokohan dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NINDI_OKTA_MAIDELA_86472_5278_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NINDI_OKTA_MAIDELA_86472_5278_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NINDI_OKTA_MAIDELA_86472_5278_2011.pdf
Download (383kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan resepsi ataupenerimaan guru Bahasa Indonesia di SMA Kecamatan Lubuk Basung terhadappenokohan dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Resepsi ataupenerimaan pembaca terhadap karya sastra sangat dibutuhkan sebagai bahanacuan untuk menilai keberhasilan pengarang dalam menciptakan sebuah karyayang bukan hanya menghibur, juga dapat mendidik dan memotivasi pembacauntuk berkarya. Novel banyak menyajikan tokoh-tokoh dengan karakter yangberaneka ragam yang sedikit banyak dapat memotivasi pembacanya. Berdasarkanhal-hal itulah penelitian ini dilakukan, yaitu untuk mengetahui sejauh manaresepsi atau penerimaan guru Bahasa Indonesia di SMA Kecamatan LubukBasung terhadap penokohan dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi danjenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hal-hal yang dideskripsikanadalah bentuk resepsi atau penerimaan guru Bahasa Indonesia di SMA KecamatanLubuk Basung terhadap penokohan dalam novel Sang Pemimpi karya AndreaHirata yang diperoleh melalui pengisian angket yang digunakan sebagai instrumendalam penelitian ini.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa resepsi atau penerimaan guruBahasa Indonesia di SMA Kecamatan Lubuk Basung terhadap penokohan dalamnovel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata sangatlah positif dan berkesan. Hal inidapat dibuktikan dari tanggapan-tanggapan yang diberikan guru terhadappenokohan dalam novel tersebut. Hal tersebut juga didukung dari kebiasaan ataukegemaran guru dalam membaca novel. Umumnya guru menyukai penokohandalam novel tersebut karena para tokohnya dapat memberikan motivasi yangsangat bagus dalam menggapai sebuah mimpi. Sebagian besar guru pernahmenjadikan novel Sang Pemimpi sebagai media pembelajaran Apresiasi Sastra.Guru merefleksikan pembelajaran dengan menjadikan sifat tokoh dan amanatyang ingin disampaikan pengarang sebagai pemicu semangat siswa untukmerangkai cita-cita dan berusaha untuk mewujudkan cita-cita tersebut.i
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GURU BAHASA INDONESIA, NOVEL SANG PEMIMPI |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PQ Romance literatures |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 08:47 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 08:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26550 |