Taufik, Taufik (2011) Pengaruh Penggunaan Software Simulasi VirtualBox Terhadap Hasil Belajar Menginstal Sistem Operasi pada Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_TAUFIK-94134-2011.pdf [thumbnail of final_B1_TAUFIK-94134-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_TAUFIK-94134-2011.pdf
Download (255kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan terhadap siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi terlihat hasil belajar pada pelajaran Menginstal Sistem Operasi masih rendah, dari 48 orang siswa sebanyak 32% berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan sejauh mana pengaruh penggunaan media software simulasi virtualbox terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran menginstal Sistem Operasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Pembina Bangsa Bukittinggi Tahun Pelajaran 2010/2011. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling pada kelas X TKJ A dan X TKJ B dan diperoleh kelas X TKJ A sebagai eksperimen dan kelas X TKJ B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberlakukan pembelajaran menggunakan software simulasi virtualbox dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan metode langsung atau pembelajaran tanpa menggunakan software simulasi virtualbox. Sebelum soal digunakan, diuji coba terlebih dahulu, validitas butir soal diuji dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Dari 30 butir soal, perhitungan validitas memperoleh 24 butir soal valid dan 6 yang tidak valid. Kemudian dilakukan perhitungan reliabilitas butir soal diuji dengan menggunakan rumus Kuder-Richardson-20. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 24 butir soal yang telah diperbaiki. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan perbandingan varian terbesar dengan varian terkecil untuk uji homogenitas dan metoda Chi Kuadrat untuk menganalisis normalitas, sedangkan uji hipotesis dihitung secara manual. Dari hasil tes penelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan software simulasi virtualbox yaitu 79,00, sementara siswa yang menggunakan metode langsung lebih rendah yaitu 74,29. Hasil hipotesis berdasarkan perhitungan manual didapati bahwa berdasarkan hasil uji t diperoleh t hitung (2,07) > ttabel (1,677). Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan sebesar 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa dikelas X TKJ A yang menggunakan software simulasi virtualbox dalam pembelajaran menginstal sistem operasi memperoleh hasil belajar yang lebih baik dari pada kelas X TKJ B yang belajar tanpa menggunakan software simulasi virtualbox.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Eksperimen dan kontrol, Sistem Operasi, VirtualBox. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 08:46 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 08:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26546 |