Ikmal, Muhammad (2018) Pengaruh Bahan Ajar Elektronik Interaktif Bermuatan Karakter dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Usaha dan Energi terhadap Pencapaian Kompetensi Holistik Siswa Kelas X SMA N 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_MUHAMMAD_IKMAL_14033013_3826_2018.pdf [thumbnail of B1_05_MUHAMMAD_IKMAL_14033013_3826_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_MUHAMMAD_IKMAL_14033013_3826_2018.pdf
Download (10MB)
Abstract
Beberapa faktor yang menyebabkan pencapaian kompetensi siswa masih
bermasalah, diantaranya, proses pembelajaran dengan kurikulum 2013 baru
dilaksanakan di sekolah, penggunaan bahan ajar kurukulum 2013 yang ada di sekolah
belum optimal dan belum interaktif, belum semua buku fisika mengintegrasikan nilainilai karakter dan proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik belum terlaksana
secara optimal. Dari hasil wawancara siswa lebih tertarik pada bahan ajar elektronik
yang bersifat interaktif dan pembelajaran fisika yang menggunakan praktikum. Oleh
sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk memberikan solusi yaitu dengan
menggunakan bahan ajar elektronik interaktif bermuatan karakter dengan pendekatan
saintifik yang tujuannya untuk meningkatkan kompetensi holistik siswa di kelas X
SMA N 13 Padang.
Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi eksperimen research) dengan
rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian
seluruh siswa kelas X MIPA yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran
2017/2018. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling.
Alat pengumpul data berupa lembar observasi untuk kompetensi sikap dan tes tertulis
post-test untuk kompetensi pengetahuan serta lembar unjuk kerja untuk kompetensi
keterampilan. Teknik analisis data berupa deskripsi dalam bentuk grafik untuk
kompetensi sikap, uji kesamaan dua rata-rata untuk kompetensi pengetahuan dan
keterampilan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kompetensi kelas
eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol di semua aspek. Hasil analisis
data kelas sampel terdistribusi normal dan homogen maka digunakan uji t dengan ttabel
= 2,00. Rata – rata kompetensi sikap kelas eksperimen 78,03 dan kelas kontrol 72,88
dengan statistik thitung = 4,93, rata-rata kompetensi pengetahuan kelas eksperimen
76,84 dan kelas kontrol 66,72 dengan statistik thitung = 7,21, rata-rata kompetensi
keterampilan kelas eksperimen 69,54 dan kelas kontrol 61,03 dengan statistik thitung =
3,52. Dari uji t, diperoleh thitung < ttabel sehingga Ho di tolak dan Hi diterima. Dari hasil
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti pada
penggunaan bahan ajar elektronik interaktif bermuatan karakter dengan pendekatan
saintifik pada materi usaha dan energi terhadap pencapaian kompetensi holistik siswa kelas X SMA N 13 Padang pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Elektronik Interaktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 08:45 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 08:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26543 |