Hidayat, Muhammad (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Konversi Cassette ke CD Siswa Kelas XI Teknik Audio Vide SMKN 1 Koto Sutera. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_MUHAMMAD_HIDAYAT_1201943_4012_2018.pdf [thumbnail of B1_05_MUHAMMAD_HIDAYAT_1201943_4012_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_MUHAMMAD_HIDAYAT_1201943_4012_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan
model pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Konversi Cassette ke CD siswa Kelas XI Teknik Audio Video di SMK
Negeri 1 Sutera. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy experimental design
dengan rancangan posttest only control group design. Sampel penelitian yaitu
kelas XI TAV 1A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran
Think Talk Write dan kelas XI TAV 1B sebagai kelas kontrol menggunakan model
pembelajaran Kooperatif. Teknik pengumpulan data dari post-test yang diadakan
tiap pertemuan yaitu sebanyak 4 kali pada kelas eksperimen dan kelas kontrol,
kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari
hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 82,08, sedangkan kelas
kontrol mendapatkan nilai rata-rata 77,09. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf
signifikan α=0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu 1,78 > 1,697, karena thitung besar
dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.
Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penerapan model pembelajaran Think
Talk Write berpengaruh signifikan sebesar 6,47% terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Konversi Cassette ke CD kelas XI TAV SMKN 1 Sutera.
Maka model pembelajaran Think Talk Write lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Kooperatif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 08:45 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 08:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26542 |