Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil belajar IPA Fisika Siswa kelas VII SMPN 13 Padang

Husni, Taslimah (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil belajar IPA Fisika Siswa kelas VII SMPN 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_TASLIMAH HUSNI-77525-2011.pdf] Text
final_B1_TASLIMAH HUSNI-77525-2011.pdf

Download (228kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar fisika siswa di SMPN 13 Padang disebabkan karena kurangnya kemampuan siswa memahami materi fisika. Interaksi dalam proses pembelajaran lebih banyak berlangsung satu arah, sedangkan interaksi dan kerjasama antar siswa kurang terlihat. Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Make A Match terhadap hasil belajar fisika siswa pada ranah kognitif dan afektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research), dengan menggunakan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 13 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas sampel yang terpilih adalah kelas VII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.7 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji t untuk aspek kognitif. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar fisika siswa pada aspek kognitif dan afektif untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 71,10 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 63,07. Sedangkan Rata-rata hasil belajar siswa pada ranah afektif pada kelas eksperimen juga lebih tinggi daripada rata-rata di kelas kontrol. Persentase Nilai rata – rata pada aspek afektif kelas eksperimen adalah 72,22 % dengan kriteria baik pada kelas kontrol persentase nilai rata – rata pada aspek afektif adalah 61,81% dengan kriteria baik. Setelah dilakukan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti pada model pembelajaran kooperatif Make A Match terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII SMPN 13 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 08 Oct 2025 03:54
Last Modified: 08 Oct 2025 03:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26533

Actions (login required)

View Item
View Item