Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Media Grafis Gambar Bagi Siswa Kelas V SD No 01 Pasar Usang Padang Panjang.

Marlina, Nina (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Media Grafis Gambar Bagi Siswa Kelas V SD No 01 Pasar Usang Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NINA_MARLINA_88218_2011.pdf] Text
final_B1_NINA_MARLINA_88218_2011.pdf

Download (232kB)

Abstract

Pembelajaran IPS sebagai ilmu yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta,konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan ilmu sosial. Mata pelajaran IPSdirasakan siswa sulit dan membosankan. Hal ini dibuktikan dengan hasil ulanganharian IPS yang peneliti laksanakan pada tanggal 10 Mei 2010 masih rendahyaitu rata-ratanya adalah 59,69. Angka tersebut menunjukkan bahwapembelajaran IPS belum berhasil karena hasil rata-ratanya di bawah kriteriaketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Untuk memperbaikinya, peneliti mencobamelakukan dengan menggunakan media grafis gambar. Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakanmedia grafis gambar dalam pembelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Negeri 01Pasar Usang Padang Panjang. Secara khusus penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar denganmenggunakan media grafis gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalampembelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Pasar Usang.Data penelitian adalah bentuk rancangan, pelaksanaan, dan hasil belajarsiswa dengan menggunakan media grafis gambar. Sumber data adalah guru dansiswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media grafis gambar.Teknik pengumpulan data adalah pencatatan lapangan, observasi, wawancara,lembar kerja siswa dan hasil tes siswa.Hasil Penelitian adalah sebagai berikut: (1) Rancangan pembelajarandengan menggunakan media grafis gambar dalam pembelajaran IPS sudahmemuat komponen RPP yaitu: tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metodepembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. Penyusunan langkahlangkah RPP sudah sesuai dengan penggunaan media grafis gambar. (2)Pelaksanaan pembelajaran IPS dengan penggunaan media grafis gambar yaitukeragaman rumah adat, pakaian adat, tarian adat dan alat-alat musik tradisional diwilayah Indonesia dapat membuat siswa bergairah belajar, bersemangat dan siswagembira mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Pembelajaran IPS semakinmenyenangkan bagi siswa karena menggunakan media grafis gambar. (3) Hasilbelajar IPS dengan menggunakan media grafis gambar dapat meningkatkan hasilbelajar IPS siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian siswa pada siklus Iyaitu dari 61 naik menjadi 64. Pada siklus II dari 74 naik menjadi 87.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR IPS, MEDIA GRAFIS GAMBAR
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 08 Oct 2025 03:53
Last Modified: 08 Oct 2025 03:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26528

Actions (login required)

View Item
View Item